Pengertian, Fungsi, dan Jenis Ayam Bangkok Terlengkap

Ayam Bangkok.” Siapa sih disini yang tidak kenal dengan jenis hewan unggas dari klan ayam, yang namanya sering di pakai oleh penghoby ayam di Indonesia? Ia, siapa lagi namanya kalau bukan ayam bangkok. Ayam bangkok sendiri merupakan jenis ayam aduan yang populer di Asia Tenggara, Khususnya di Indonesia.

Bagi kalian para penghoby ayam pastinya sudah tahu apa itu ayam bangkok, Apalagi ayam jenis ini sudah tenar dan sering digunakan oleh botoh-botoh handal yang ada di Indonesia sebagai ayam petarung andalan. Selain sebagai ayam aduan, ayam bangkok juga sering digunakan sebagai media berbisnis yang populer di Indonesia.

Ayam Bangkok

ayam bangkok

gaberro.com

Ayam bangkok adalah jenis ayam petarung asli yang berasal dari Negeri Gajah putih (Thailand), tepatnya di daerah Kota Bangkok. Nenek moyang ayam bangkok yang ada di Thailand dan di penjuru Asia tenggara lainnya itu awalnya berasal dari Cina, setelah itu barulah dikenalkan ke negara-negara lain seperti Thailand, Laos, dan Vietnam.

Selain negara Thailand, Laos, dan Vietnam, Indonesia juga merupakan salah satu negara yang memproduksi ayam bangkok terbesar di Asia Tenggara. Banyak sekali penghoby ayam keluhan menggunakan ayam bangkok sebagai ayam petarung, itu dikarenakan ketangkasan yang dimiliki oleh ayam bangkok sendiri.

Kebanyakan, di Thailand dan juga di Indonesia, ayam bangkok yang di produksi sudah tidak murni lagi, disebabkan karena ayam bangkok yang dibudidaya sudah disilangkan dengan ayam jenis lain. perkawinan silang antara ayam bangkok dan ayam jenis lain itu dilakukan karena munculnya trah-trah jenis ayam petarung yang baru.

Indonesia memiliki banyak sekali komunitas-komunitas para pecinta ayam, Khususnya ayam bangkok. Ayam bangkok digunakan sebagai ayam petarung karena memiliki bentuk fisik, mental, ketangkasan dalam berlaga yang sangat kuat, sehingga banyak di gemari oleh para pecinta ayam di Indonesia.

Ayam bangkok juga sangat laris diperjual belikan di Indonesia, untuk ayam bangkok pejantan dewasa memiliki kisaran harga mulai dari 250 ribu sampai 1 miliar, itu semua tergantung dari kualitas ayam bangkok tersebut. Jika kualitas bertarung ayam bagus, maka akan bertabah mahal juga harganya, begitu pula dengan sebaliknya.

Fungsi dan Manfaat

ayam bangkok

gaberro.com

Dalam kehidupan para penghoby ayam di Indonesia, ayam bangkok memiliki banyak sekali fungsi dan manfaatnya. Berikut ini merupakan fungsi dan manfaat dari ayam bangkok:

This is box title

  • Sebagai penghiburan yang dapat menghilangkan rasa jenuh.
  • Sebagai penambah kegiatan yang dapat mengisi waktu luang/kosong.
  • Sebagai bagian dari para penghoby ayam.
  • Sebagai ajang perlombaan yang dapat menghasilkan prestasi dan uang.
  • Sebagai media yang dapat di tukar dan dapat diperjual-belikan.
  • Sebagai media yang dapat di jadikan investasi yang menguntungkan.
  • Sebagai hewan ternak yang mudah untuk diperkembang biakkan.
  • Sebagai sarana untuk bersilaturahmi dan lain sebagainya.

“Artikel terkait: Ayam Kate

Jenis-Jenis Ayam Bangkok

ayam bangkok

pecintaayam.com

Ada banyak sekali jenis-jenis ayam bangkok yang tersebar di seluruh penjuru Asia Tenggara seperti:

This is box title

  • Bangkok Thailand.
  • Bangkok Birma.
  • Bangkok Saigon.
  • Bangkok Pakhoy.
  • Pama Bangkok.
  • Bangkok Mangon.
  • Bangkok Ninja BL.
  • Bangkok Siam.
  • Bangkok Khoygon.
  • Bangkok Khoythai.
  • Bangkok Ganoi.

“Artikel terkait: Jenis Ayam Petelur

Tentunya jenis-jenis ayam bangkok tersebut sudah tidak lagi murni sepenuhnya, dikarenakan adanya pencampuran gen atau perkawinan silang antara bangkok asli dengan jenis lain. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Bangkok Thailand

ayam bangkok

ayambangkok.com

Ayam Bangkok Thailand adalah jenis ayam Bangkok asli yang dan masih murni, belum di silangkan dengan jenis lain. Bangkok Thailand juga merupakan ayam petarung yang memiliki postur tubuh yang besar, gagah, bermental baja, kuat, tidak mudah menyerah saat bertarung, dan juga lebih baik memilih mati dari pada harus kalah.

Pada awalnya Bangkok Thailand bernama “The King’s of Chicken” yang berarti Raja dari segala jenis ayam. Namun, seiring dengan perkembangan zaman nama Raja dari jenis ayam pun mulai memudar dan menghilang. Karena itulah para penghoby ayam sering menyebutnya sebagai ayam bangkok.

Sekarang ini, banyak sekali para penghoby memburu ayam bangkok Thailand yang masih asli, murni, dan belum tercampur dengan gen jenis lain. Bangkok Thailand banyak dicari oleh para penghoby karena jenisnya yang masih asli ini sekarang sudah jarang dan susah untuk ditemukan.

2. Bangkok Birma

ayam bangkok

satujam.com

Ayam Birma adalah jenis ayam petarung yang berasal dari kota Burma, Myanmar. Birma juga merupakan ayam yang paling sering dicari oleh para penghoby ayam, karena sejarahnya jenis ini merupakan jenis ayam petarung yang pertama kali mengalahkan jenis ayam bangkok Thailand,

Ayam birma memiliki postur tubuh yang sangat berbeda jauh dari Bangk0k Thailand. Postur tubuh Birma cenderung lebih kecil di banding dengan Bangkok Thailand, bentuk fisiknya pun tidak segagah dan setangguh Bangkok Thailand.

Namun, walaupun memiliki postur yang lebih kecil dan bentuk fisik yang tidak memungkinkan untuk bertarung, Birma justru memiliki kecerdasan dan kelincahan saat bertarung, mungkin karena itulah sejarahnya Bangkok Thailand bisa kalah dari Birma, sampai-sampai dahulu ada ayam birma yang tidak bisa dikalahkan.

3. Bangkok Saigon

ayam bangkok

gaberro.com

Ayam Saigon adalah jenis ayam petarung yang berasal dari Negara Vietnam. Bangkok saigon merupakan jenis ayam petarung yang sering di gunakan oleh para penghoby. Saigon juga merupakan salah satu jenis ayam petarung yang sangat populer di kalangan penghoby di Indonesia.

Ayam saigon memiliki postur tubuh yang tinggi, besar, dan gagah. namun gaya bertarungnya lambat. Keunikan dari Saigon yaitu ada pada pada penampilannya. Berbeda dari jenis ayam pada umumnya yang memiliki bulu di sekujur tubuhnya, Saigon tidak memiliki bulu di bagian leher, bahu, badan, dan juga di bagian pahanya.

Karena keunikannya, ayam saigon digemari oleh para penghoby ayam. Walaupun gaya bertarungnya yang lambat dan cenderung bengong, Saigon memiliki fisik yang sangat kuat dan bermental baja. Ayam ini memiliki pukulan yang sangat kuat, akurat, dan juga mampu menahan serangan lawan yang bertubi-tubi.

“Artikel terkait: Ayam Burma

4. Bangkok Pakhoy

ayam bangkok

gelanggang.com

Ayam Pakhoy adalah jenis ayam petarung yang berasal dari negara Thailand. Pakhoy merupakan silangan dari jenis ayam Ujung dari Malaysia dan Siam. Nama pakhoy di ambil dari singkatan pama dan khoy, yang diartikan sebagai ayam pembasmi setan atau pembunuh setan.

Ayam pakhoy diciptakan untuk membasmi Birma, yang saat itu disebut sebut ayam setan. Pada era-Nya Birma menjadi penguasa arena dan hampir tidak terkalahkan oleh  jenis lain, terutama ayam Bangk0k Thailand. Maka dari itulah Pakhoy diciptakan.

Ayam pakhoy memiliki postur tubuh yang agak membungkuk dan memanjang. Gaya bertarung Pakhoy yaitu mengejar dan sering menempelkan tubuhnya ke lawan, yaitu untuk menghindari pukulan lawan, cara memukul ke lawanya yaitu dengan mengincar bagian bahu lawan, lalu memukul dengan kuat dengan akurat.

5. Bangkok Pama

ayam bangkok

kingfarm.com

Ayam Pama adalah jenis ayam aduan yang berasal dari Thailand. Pama merupakan silangan dari ayam bangk0k, saigon, dan juga birma. Ayam pama memiliki gaya bertarung yang hampir sama dengan gaya bertarung Pakhoy. Maka dari itu, Pama sering disebut sebagai ayam pakhoy, padahal sangat berbeda sekali.

Pama memiliki postur tubuh yang tegap, bagus, dan hampir mirip dengan Bangkok pada umumnya. Kelebihan ayam ini adalah memiliki tekhnik bertarung yang mematikan. Pama juga dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:

Jenis Ayam Pama

  • Pama Asli (Asli).
  • Pama Gostan.
  • Pama Mabin.
  • Pama Rambong.
  • Pama Kradungton.
  • Palo Malow.
  • Pama Mathai
  • Pama Saigon.
  • Pama Brazilian. [/ Su_box]

"Artikel terkait: Penyakit Ayam"

6. Bangkok Magon

ayam bangkok

insta-stalker.com

Ayam Magon adalah jenis ayam aduan yang berasal dari Thailand. Magon merupakan hasil dari parsilangan antara pama dan saigon. Magon memiliki gaya bertarung yang cukup kompetitif yaitu seperti Pama dan juga terkadang seperti Saigon.

Pola pertarungan magon yaitu dapat memukul lawan dengan akurat di bagian kepala, leher, dan juga badan. Biasanya Magon hanya dapat memukul keras dan akurat lawanya dari bagian depan saja. Tekhnik bermain Magon yaitu cenderung bengong/menonton sama seperti ayam saigon pada umumnya.

Walaupun kurang dalam tekhnik bertarung, ayam magon bisa dibilang sangat tangkas. Terutama ketika bertarung di arena, Magon biasanya sering mendapatkan hasil yang memuaskan saat bertarung. Karena itulah Magon banyak di cari oleh para penghoby di Indonesia.

7. Bangkok Ninja BL

ayam bangkok

gaberro.com

Ayam Ninja BL adalah jenis ayam petarung yang berasal dari Jepang. Ayam ninja bl merupakan ayam yang memiliki nama asli yaitu ayam shamo. Kebanyakan kalangan para penggemar ayam aduan sering mengumpamakan ayam shamo sebagai "Ninja Mini dari Jepang", karena itulah ayam ini sering disebut Ninja BL.

Ayam Shamo memiliki postur tubuh yang lebih kecil di banding di banding dengan ayam bangk0k. Walaupun postur tubuhnya tidak sebesar ayam bangkok, ayam shamo memiliki bentuk tubuh yang sangat atletis, gagah, tinggi, dan juga tegap.

Gaya bertarung ayam shamo/ninja yaitu memiliki pukulan yang kuat dan akurat mengenai lawannya. Pukulan yang dikeluarkan oleh ayam shamo biasanya dilepaskan di titik-titik sensitif lawannya seperti paruh, mata, telinga, bahu, dan juga bagian pinggang.

"Artikel terkait: Cara Membuat Kandang Ayam Petelur"

8. Bangkok Siam

ayam bangkok

gaberro.com

Ayam Siam adalah jenis ayam yang berasal dari Negara Thailang. Ayam siam merupakan trah dari silangan ayam bangkok dengan ayam lokal yang bukan keturunan dari ayam petarung. Nama siam di ambil dari nama kerjaan yang berada di Thailand, yaitu dari Thailand utara sampai timur.

Ayam siam memiliki postur tubuh yang besar, kekar, dan tegap. Kebanyakan ayam-ayam bangkok muda akan merasa minder ketika dihadapkan dengan ayam siam, itu disebabkan karena postur tubuhnya yang besar dan gayanya yang selalu berwibawa, sehingga membuat lawanya menjadi ciut duluan.

Gaya bertarung ayam siam memiliki teknik yang beragam dan istimewa, yaitu cenderung merubah teknik saat bertarung. Ayam siam juga mempunyai stamina bertarung yang kuat dan pukulan yang mematikan. Oleh sebab itu bayak para penghoby aduan yang menggunakan ayam siam.

9. Bangkok Khoygon

ayam bangkok

insta-stalker.com

Ayam Khoygon adalah adalah jenis ayam yang berasal dari Negeri Gajah Putih, Thailand. Ayam khoygon merupakan trah dari pesilangan antara ayam pakhoy dan saigon. Karena perpaduan dari dua ayam tersebutlah ayam ini di beri nama khoygon.

Postur tubuh ayam khoygon hampir sama dengan ayam bangkok pada umumnya. Ayam ini memiliki badan yang gagah, tegap, dan cukup atletis. Ayam khoygon diciptakan untuk menemukan jenis ayam petarung yang baru, yaitu dengan gaya bertarungnya yang mampu membuat lawanya sering kewalahan.

Teknik bertarung ayam khoygon sangat khas dengan atretnya, yaitu teknik mundur sambil mempersiapkan pukulan yang kuat dan akurat. Gaya bertarung ayam khoygon dapat mengendalikan kelincahan dan kecepatan lawanya, contohnya seperti ayam birma dan pama.

10. Bangkok Khoythai

ayam bangkok

gaberro.com

Ayam Khoythai adalah jenis ayam yang berasal dari Negara Thailand. Khoythai adalah trah dari persilangan antara pakhoy dan bangkok. Karena persilangan dari dua ayam tersebutlah khoythai mampu bersaing dengan ayam aduan terkenal lainnya.

Pustur tubuh khoythai yaitu memiliki kemiripan dengan ayam jenis bangkok. Ayam ini memiliki tulangan yang istimewa, berbeda dari trahnya yaitu ayam bangkok dan pakhoy. Mempunyai badan yang berisi, atletis, gagah, dan juga tegap.

Teknik bertarung ayam khoythai adalah dengan kunciannya yang cukup mematikan. Selain dengan menggunakan teknik kuncian, khoythai juga memiliki kecepatan dan kelincahan bertarung yang cukup tinggi. melakukan penyerangan pukulan keras dari segala arah, hal inilah yang membuat lawanya kebingungan hingga menyerah.

"Artikel terkait: Cara Beternak Ayam Petelur"

11. Bangkok Ganoi

ayam bangkok

gaberro.com

Ayam Ganoi adalah jenis ayam petarung yang berasal dari vietnam. Ganoi adalah ayam asli negara vietnam dan telah di ekspor ke negara-negara tetangga seperti Thailand, laos, malaysia, dan juga Indonesia. Ayam ini adalah hasil dari trah ayam asli vietnam yaitu gadon dan gacua.

Postur tubuh ayam ganoi hampir sama dengan saigon, yaitu memiliki badan yang besar, padat, dan gagah. Keunikan dari ayam ini yaitu matanya seperti mata kodok dan rata-rata jalu ayam ganoi tumbuh lambat dan tumpul. Oleh sebab itulah ayam ganoi bertarung dengan adu pukul saja.

Tekhnik bertarung ayam ganoi yaitu cenderung lambat dan menonton. Ganoi bertarung hanya mengandalkan pukulan dari depan saja, sehingga, jika bertemu dengan ayam yang memiliki kecepatan dan kelincahan seperti birma, pakhoy, dan juga khoythai, maka ayam ini akan kewalahan menghadapinya.

Nah sob! itulah seputar info tentang ayam bangkok menurut pengalaman saya yang bisa disampaikan. Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat dan bisa dipelajari oleh para penghoby ayam di Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa baca artikel yang lainnya ya sob!

Sekian dan Terima kasih...!

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.