Pengertian, Ciri, dan Jenis Ayam Burma [Terlengkap] yang Wajib Kalian Ketahui

Ayam Burma“- Bagi para penghoby ayam aduan, siapa sih yang tidak kenal dengan ayam birma? ya, jenis ayam yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di kenal oleh para penghoby ayam aduan, khususnya di Indonesia. Ayam ini sangat populer di kalangan para penghoby ayam petarung.

Ayam jenis ini sudah tenar di kalangan pecinta ayam aduan karena sejarahnya. Pada era-Nya jenis ayam ini pernah membuat sejarah baru, yaitu pernah mengalahkan ayam bangkok ketika masih di puncak kejayaannya. Bahkan sangking hebatnya, ayam ini sampai-sampai hampir tidak terkalahkan oleh ayam bangkok.

Ayam Burma

ayam burma

ayambangkok.com

Ayam Burma/Birma adalah jenis ayam aduan yang berasal dari Burma, Myanmar. Birma  merupakan jenis ayam petarung  yang sangat digemari dan populer di jadikan sebagai ayam petarung, karena sejarahnya yang sangat mengejutkan di dunia perayaman.

Birma juga merupakan jenis ayam memiliki ciri khas dan keunggulan tersendiri dari ayam petarung jenis lainnya. Birma yaitu ayam petarung asli daerah burma yang belum tercampur trahnya dengan jenis ayam lain. Walaupun jenis ayam lokal dari burma, birma bukanlah jenis ayam yang mudah untuk diremehkan.

Karakteristik Ayam Burma

ayam burma

ayambangkok.com

Perlu kalian ketahui, cara membedakan ayam birma dengan ayam bangkok pada umumnya sangatlah mudah terutama di bagian postur tubuhnya. Nah berikut ini saya akan memberitahukan ciri-ciri dari ayam birma secara umumnya:

Ciri-Ciri Ayam Birma

  • Memiliki postur tubuh yang lebih kecil di banding dengan ayam bangkok.
  • Memiliki bentuk tubuh yang cenderung ramping dan pendek (tidak panjang).
  • Memiliki tulangan yang cenderung tipis.
  • Memiliki warna bulu yang relatif berwarna jalak.
  • Memiliki gaya bertarung yang selalu menghindari serangan.
  • Memiliki cotok’an/patuk’an yang khas dan berbeda dengan jenis ayam lain.
  • Memiliki dominasi di pukulan dibanding dengan teknik.
  • Memiliki pikulan yang bertubi-tubi dan juga pranggal.
  • Memiliki bentuk kaki yang bulat.
  • Memiliki mental baja (mental yang sangat kuat).

Jenis-Jenis Ayam Burma

ayam burma

gaberro.com

Banyak sekali jenis-jenis dari ayam birma yang memiliki keistimewaan, keunikan, dan keunggulannya masing-masing. Indonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang sebagian besar masyarakatnya hoby memelihara ayam, tanpa terkecuali ayam jenis birma. Berikut adalah jenis-jenis dari ayam birma yang sangat populer di Indonesia:

1. Burma Asli

ayam burma

gaberro.com

Birma originalal/Birma ori adalah jenis ayam birma yang masih memiliki trah asli ayam burma dan belum tercampur dengan trah jenis ayam lainnya (masih murni). Birma ori juga merupakan jenis ayam petarung  yang mempunyai mental besar (mental baja).

Kehebatan ayam birma tidak bisa diremehkan dengan sebelah tangan saja, walaupun tubuhnya yang kecil dan tidak berotot besar birma ori mampu menumbangkan jenis ayam bangkok Thailand tanpa perlawanan yang berarti, bahkan dengan sangat mudah.

Selain bermental baja dan lincah, birma ori juga mempunyai pukulan yang rajin, cepat, dan akurat. Biasanya pukulan ayam birma tidak terlihat keras dan membahayakan. Namun dibalik pukulan tersebut, ada simpanan pukulan yang dapat membuat lawannya bisa menjadi lari bahkan tumbag.

“Artikel terkait: Jenis Ayam Petelur

2. Burma Atret

ayam burma

gaberro.com

Burma atret adalah sejenis birma yang memiliki ciri khasnya sendiri, salah satunya adalah dalam gaya bertarung yaitu atret / lari kuda. Burma atret juga merupakan jenis ayam yang paling dicintai oleh pemburu liar di Indonesia.

Selain gaya bertarungnya yang khas, birma atret memiliki pukulan yang cepat dan akurat yang menyerang bagian pangkal leher hingga bagian kepala lawan, sehingga dapat membuat lawannya menjadi sempoyongan, ngedrop, dan juga dapat lari karena stres.

3. Burma Mabin

ayam burma

gaberro.com

Birma mabin adalah jenis ayam birma yang memiliki bentuk postur tubuh yang mendukung dan ideal di kalangan ayam petarung di Indonesia, birma mabin juga merupakan yang memiliki warna bulu yang mirip dengan ayam bangkok pada umumnya.

Rata-rata ayam birma mabin memiliki warna wiring galih tembus. Dimana paruh, mata, sisik berwarna hijau/hitam, dan juga  bulu yang berwarna hitam dan merah galih/merah hati. Keunggulan dari birma mabin yaitu terdapat di teknik bertarungnya yang sangat gesit sekali.

4. Burma Rambong

ayam burma

gaberro.com

Birma rambong adalah jenis ayam birma yang memiliki postur tubuh yang gagah dan kekar, ayam ini memiliki keunggulan di pukulannya, dimana pukulan ayam ini sering sekali tepat sasaran dan mengenai titik syaraf lawannya. Sehingga lawannya pun menjadi sempoyongan dan tumbang.

Birma rambong juga memiliki bentuk bahu yang mekar. Biasanya bagi para penghoby ayam yang masih pemula, akan menyebut ayam ini sebagai ayam bangkok, karena dari bentuk dan fisiknya yang hampir sama dengan ayam bangkok, hanya saja ukuran badannya tidak setinggi ayam bangkok pada umumnya.

“Artikel terkait: Cara Membuat Kandang Ayam Petelur

5. Burma Brasil

ayam burma

gaberro.com

Birma brazillian adalah jenis ayam birma yang masih memiliki trah dari persilangan birma original dengan ayam brazillian. Dimana ayam pejantannya adalah birma ori dan yang betinannya adalah brazillian, sehingga terciptalah sebuah jenis ayam birma baru yang dinamakan sebagai ayam birma brazillian.

Birma brazillian juga merupakan jenis ayam petarung yang memiliki mental baja. Selain itu, ayam ini memiliki gaya bertarung yang atar/kuda lari. Bukan hanya itu saja, ayam birma brazillian juga memiliki daya pukulan yang luar biasa, dimana lompatan ayam ini saat memukul memiliki ketinggian di atas rata-rata.

6. Burma Gostan

ayam burma

gaberro.com

Birma gostan adalah jenis ayam birma yang memiliki warna dengan corak khas bulu yang berwarna wido jalak. Birma gostan sangat populer dikalangan para penghoby ayam di Indonesia, karena gaya bertarung yang agresif dan memiliki kecepatan yang luar biasa.

Birma gostan sering digunakan sebagai ayam kontes, sebab ayam jenis ini memiliki bakat bertarung yang tidak bisa diremehkan. Selain gaya bertarungnya yang agresif, birma gostan juga memiliki daya pukulan yang bertubi-tubi terutama di peranggalnya (pukulan tanpa mematuk).

7. Burma Malow

ayam burma

gaberro.com

Birma malow adalah jenis ayam birma yang memiliki gaya bertarung yang sangat khas, yaitu gelandang/kuda lari. Birma malow juga merupakan jenis ayam petarung dengan corak yang agak berbeda dari jenis ayam bangkok, karena ayam ini memiliki corak yang lebihi menarik salah satunya adalah warna wangkas (kelabu emas).

Keunggulan dari ayam birma malow ini adalah gaya bertarungnya yang cekatan, yaitu dapat menghindari pukulan lawannya sambil memukul balik lawannya tanpa mematuk. Hal inilah yang dapat membuat lawannya menjadi lari karena kaget bahkan juga tumbang.

8. Burma Kradungton

ayam burma

gaberro.com

Birma kradungton adalah jenis ayam birma yang memiliki tulangan paling besar diantara jenis ayam birma lainnya. Birma kradungton juga sering disebut sebagai ayam kancing emas, karena ukuran tubuh dan tulangannya yang hampir menyamai ayam jenis bangkok.

Sama dengan birma jenis malow, ayam ini memiliki keunggulan dalam gaya bertarungnya, yaitu gelandang/kuda lari, dimana dapat menghindari pukulan lawannya sambil memukul balik lawannya tanpa mematuk. Hal inilah yang dapat membuat lawannya menjadi lari karena kaget bahkan juga tumbang tidak sadarkan diri.

9. Burma Mabuk

ayam burma

ayambangkoksuper.com

Birma drunk adalah jenis ayam birma yang bisa dibilang memiliki keunikan tersendiri, dimana arti dari kata drunk sendiri yaitu mabuk. Sama dengan jenis ayam birma kradungton, ayam ini memiliki ukuran tubuh dan tulangan yang lebih besar dari ayam birma original.

Keunggulan dari ayam ini yaitu ciri khas dalam bertarungnya, ayam ini memiliki gaya bertarung yang ngawur seperti ayam yang sedang mabuk, bahkan di saat terjatuh ayam ini pun masih sanggup untuk memukul lawannya. Oleh sebab itulah ayam ini sering di sebut sebagai dewa mabuk.

“Artikel terkait: Ayam Bangkok

10. Burma Mata Katak

ayam burma

bodypic.pw

Birma mata katak adalah jenis ayam birma yang memiliki mata yang mirip seperti mat katak. Mata ayam ini memiliki corak dengan bercak-bercak perpaduan antara warna hitam dengan warna cokelat, sehingga bila kita lihat dengan seksama, mata ayam tersebut hampir sama dengan mata katak.

Selain di matanya, ayam ini memiliki ciri khas lainnya yaitu berbulu lebat dan umumnya memiliki warna yang gelap. Kelebihan dari birma mata katak yaitu terdapat di bagian pukulannya. Pukulan dari ayam ini memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi, dimana pukulan ayam ini mengincar dibagian kepala lawannya.

Nah teman-teman satu hoby, itulah tadi informasi tentang seputar dari ayam jenis Burma yang bisa saya rangkum dalam artikel ini. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda semua ketika sedang mencari ayam jenis birma dengan tipe yang diinginkan, khususnya bagi para penghoby ayam di Indonesia.

Sekian dan Terima kasih..!

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.