Asal-Usul, Jenis, dan Karakteristik Ayam Kate (Terlengkap) Kalian Wajib Tahu

Ayam kate“- Bagi kalian para penghoby ayam hias, siapa sih yang tidak kenal dengan salah satu jenis ayam hias ini? ya, jenis ayam yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di kenal oleh para penghoby ayam hias, khususnya di Indonesia. Ayam ini sangat populer di kalangan para penghoby ayam hias berbagai daerah di Indonesia.

Ayam jenis ini sudah sangat tenar di kalangan para pecinta ayam hias, yaitu karena postur tubuhnya yang kecil ditutupi dengan bulu-bulunya yang halus lebat dan lebat. Maka, karena keunikannya itulah jenis kate banyak dipelihara dan dibudidayakan oleh penghoby ayam hias di Indonesia.

Asal-Usul Kate

ayam kate, ayam serama, ayam bruga

gaberro.com

Ayam kate adalah salah satu jenis ayam hias asli Indonesia yang sangat unik. Keunikan dari ayam ini, yaitu terdapat pada postur tubuhnya yang pendek dan kecil (mungil). Selain karena tubuhnya yang kecil, ayam ini juga memiliki warna bulu yang indah dan corak yang menarik.

Sekarang sudah banyak para penghoby ayam di Indonesia maupun Mancanegara yang beternak ayam hias. Kate di ternak bukan untuk di konsumsi atau di sajikan sebagai menu makanan di restoran, karena ayam ini bukan jenis ayam pedaging maupun petelur, tetapi di gunakan sebagai ayam hias.

Karakteristik

ayam kate, serama, bruga

gaberro.com

Perlu kalian ketahui, tidak sedikit para penghoby ayam di Indonesia berpendapat bahwa jenis kate itu sama dengan jenis serama, atau lebih ringkasnya lagi “kate adalah ayam serama.” Namun faktanya, kate bukanlah ayam serama, karena banyak sekali perbedaan yang mencolok dan beberapa alasan mengapa kate itu bukan ayam serama.

Karakteristik kate yaitu memiliki bobot yang lebih besar dari ayam serama. Bobot dari ayam kate rata-rata berkisar dari 450- 550 gram, bahkan untuk pejantan ada yang lebih berbobot lagi. Selain itu, corak dari bulu ayam ini sangat bervariasi mulai dari warna jalak/wido, pirang, merah galih, kuning nanas dan lain sebagainya. Tidak lupa pula jenggernya berbentuk wilah dan berwarna merah terang.

Jenis-Jenis

ayam kate, bruga, serama

diniaq.com

Apakah di antara kalian ada yang bertanya-tanya,” Berapa banyak sih jenis kate?”Ternyata ada banyak sekali jenis-jenis kate, Nah berikut ini merupakan 23 jenis kate di dunia:

Jenis- Jenis Ayam Kate

  1. Kate Serama.
  2. Kate Burma.
  3. Kate Belanda.
  4. Kate Jepang.
  5. Kate Ohiki.
  6. Kate Peking.
  7. Kate Pictave.
  8. Kate Pyncheon.
  9. Kate Batik.
  10. Boot Banten.
  11. American Game Bantam.
  12. Dipenuhi oleh Everbeg.
  13. Boitsfort Bearded.
  14. Uccle Berjanggut.
  15. Jenggot Grubbe.
  16. Barbu Watermael.
  17. Bassette Liegeoise.
  18. Belgian Bearded the Anvers.
  19. Bantam Belgia.
  20. Nankin Bantam.
  21. Old English Game Bantam.
  22. Rosecomb Bantam.
  23. Bonus! Ayam Hutan.

” Artikel Terkait: Ayam Bangkok

Telur

Telur ayam kate

tetasan.com

Dalam memproduksi telur, ayam kate bisa dibilang cukup produktif, karena kate dapat bertelur setiap hari. Namun, apabila pemberian pakan pada ayam tersebut kurang baik, maka tidak menutup kemungkinan telur yang di produksi bisa menjadi 2-3 hari sekali, bahkan ada yang sampai 4 hari sekali atau lebih lama lagi.

Pada umumnya ayam kate sudah siap untuk memproduksi telur di usia 8 bulan atau lebih, tetapi itu semua tergantung dari kate tersebut. Jumlah telur yang dapat dihasilkan oleh kate bisa mencapai 8-12 butir dalam sekali peram. Untuk proses penetasan telur, kate membutuhkan waktu sekitar 21 hari mengeram hingga semua telur menetas.

Makanan

makanan ayam kate

nestle-cereals.com

Dalam memberikan makanan pada ayam kate kesayangan, kita perlu memperhatikan beberapa tahapan untuk proses pemilihan makanan yang baik dan juga sehat, antara lain yaitu sebagai berikut:

Tips makanan Ayam Kate

1. Berikan makanan pada ayam dengan kualitas pakan yang baik dan sehat.
2. Selalu memperhatikan kondisi makanan sebelum diberi kepada ayam.
3.Perhatikan juga tanggal kadaluwarsa atau masa berakhir penggunaan pada pakan.
4. Jangan lupa memilih jenis pakan yang dibutuhkan oleh ayam kate, mulai dari baru menetas hingga dewasa.
5. Supaya dapat memastikan kate yang kita pelihara dapat tumbuh dengan sehat, kita harus memberikan pakan dengan nutrisi dan kandungan gizi yang baik.

***

Berikut merupakan jenis-jenis makanan yang baik digunakan untuk kate kesayangan Anda supaya dapat dapat hidup dengan sehat.

Jenis makanan Ayam Kate

a. Jagung,
b. Singkong,
c. Pur/pelet,
d. Dedak padi,
e. Tepung tulang,
f. Tepung ikan,
g. Tepung keong mas/Siput,
h. Tepung bulu unggas,
i. Tepung Daun Lamtoro,
j. Pollard,
k. Grit,
l. Bungkil kacang kedelai,
m. Bungkil kelapa,
n. Sorgum,
o. Minyak/lemak.

” Artikel Terkait: Penyakit Ayam

Vitamin & Suplemen

vitamin ayam kate

bhints.com

Sifat ayam kate hampir sama dengan sifat ayam Jawa, yaitu bersifat tidak manja. Kenapa dikatakan bersifat tidak manja? Jawabannya adalah karena ayam Jawa tidak perlu membutuhkan banyak perhatian dari tuan/majikannya, sebab mereka lebih banyak mengurus dirinya sendiri tanpa perlu perhatian khusus dari majikannya, begitu pun dengan kate yang bisa dikatakan sebagai ayam mandiri.

Berbagai macam vitamin & suplemen sangat perlu untuk kesehatan ayam kate. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir, karena kate sudah mendapatkannya sejak kecil dari alam. Vitamin dan suplemen yang mereka dapatkan dari alam, bahkan jauh lebih sehat dan alami. contohnya seperti biji-bijian, hewan-hewan kecil (ulat, cacing, serangga, dll), dan juga daun-daunan. Anda juga dapat membeli vitamin dan suplemen tambahan di toko khusus pakan unggas.

Kandang

ayam kate, kandang ayam kate

contohternak.com

Sebelum Anda memelihara ayam, hal utama yang perlu disiapkan yaitu kandang. Mengapa yang di utamakan harus kandang? Jawabannya adalah,,karena kandang merupakan salah satu faktor umum dan kebutuhan yang cukup penting dalam memelihara kate.

Kandang sangat berfungsi, yaitu untuk memudahkan Anda dalam memelihara dan beternak, supaya ayam tidak dapat berkeliaran jauh juga dapat memudahkan Anda dalam pemantauan ayam tersebut. Bukan hanya itu saja, kandang juga dapat mencegah terjadinya ayam terkena penyakit, asalkan kandang ayam tersebut harus rajin di bersihkan, di kontrol, dan tidak lupa di vaksin.

***

“Ingat untuk pembuatan kandang peternakan sebaiknya jangan di buat dekat dengan pemukiman masyarakat, karena nantinya ditakutkan dapat menyebabkan ketidak-nyamanan masyarakat yang di sebabkan oleh peternakan ayam milik kita.”

Harga

ayam kate, ayam serama

stalkrt.net

Bagi Anda yang ingin membeli mulai dari usia 1 bulan sampai dewasa, berikut kami berikan daftar harga ayam kate berdasarkan usia dan ukurannya.

Daftar Harga Kate Betina-Jantan

1. Umur 1 bulan harganya= Rp. 50.000-100.000
2. Umur 2 bulan harganya= Rp. 100.000-125.000
3. Umur 3 bulan harganya= Rp. 125.000-150.000
4. Umur 4 bulan harganya= Rp. 150.000-200.000
5. Umur 5 bulan harganya= Rp. 200.000250.000
6. Dewasa= Rp. 300.000-350.000

***

Nah sahabat sehoby, itulah tadi seputar informasi tentang kate yang dapat saya sampaikan. Semoga postingan ini dapat membantu dan tentunya bermanfaat bagi kita semua, terutama para penghoby ayam di Indoneia. Sekian dan terima kasih,,,tunggu postingan berikutnya ya sob,,,!

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.