Inilah 4 Cara Beternak Ayam Petelur yang Sukses! dan Patut di Coba

Cara beternak ayam petelur –¬†“Apakah kalian ingin beternak ayam petelur? Namun belum tahu bagaimana dan dimulai dari mana cara beternaknya. Tahukah kalian bagaimana cara beternak ayam petelur yang cepat, mudah, dan berpenghasilan?”

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ilmu yang  telah saya pelajari, yaitu materi tentang cara beternak ayam petelur. Langsung saja, berikut ini merupakan pengertian dan cara beternak ayam petelur yang menguntungkan.

Ayam Petelur

gambar ayam petelur, cara beternak ayam petelur

lolamagazin.com

Ayam Petelur merupakan jenis ayam betina yang sudah dewasa dan dipelihara secara khusus untuk diambil telurnya. Ayam petelur ini juga awalnya merupakan jenis ayam hutan yang dibudidayakan oleh orang-orang pada zaman dahulu, karena bisa menghasilkan telur yang cukup banyak.

Ayam petelur aslinya adalah ayam hutan yang terdapat di berbagai penjuru dunia. Oleh para ahli ayam petelur yang didapat dari hutan itupun akhirnya dipelihara dan diseleksi secara ketat dan bertahap.

Ayam petelur yang di seleksi oleh para ahli yaitu bertujuan untuk menghasilkan suatu gen yang unggul dan terbaik pada ayam tersebut. Setelah melakukan seleksi yang ketat, akhirnya ditemukanlah gen ayam petelur ataupun pedaging yang sesuai dengan harapan.

Cara menyeleksi ayam-ayam petelur yang unggul yaitu dengan menghilangkan/membuang sifat jelek yang ada pada ayam, lalu mempertahankan/memurnikan sifat baik yang ada pada ayam tersebut.

Ayam petelur unggul sangat bagus dan cocok digunakan sebagai pembawa sifat keturunan yang nantinya dapat menghasilkan bibit-bibit ayam petelur yang bermutu dan terbaik.

Ayam petelur sudah bisa berproduksi pada umur 5-6 bulan yang dapat menghasilkan telur secara terus-menerus hingga berumur sekitar 2 tahun. Namun, perlu kalian perhatikan bahwa produksi telur yang terbaik yaitu pada tahun-tahun awal ayam itu mulai bertelur.

“Artikel terkait: Ayam Bangkok

Cara Beternak Ayam Petelur

gambar ayam petelur, cara beternak ayam petelur

ruangtani.com

Berikut ini merupakan tahapan dan cara-cara untuk beternak ayam petelur yang harus diperhatikan:

1. Kandang

gambar ayam, cara beternak ayam petelur

ayampetelur.com

Sebelum kita memulai untuk beternak ayam petelur, ada baiknya kita membuat kandangnya terlebih dahulu. Jika kalian ingin beternak dengan jumlah ayam yang besar atau di atas 200 ekor, pastikan terlebih dahulu kalian sudah menyiapkan lahan yang cukup luas untuk membuat kandang yang besar.

Namun, jika kalian ingin beternak dengan jumlah ayam yang tidak terlalu banyak atau di bawah 200 ekor, kalian bisa menggunakan lahan yang tidak terlalu luas atau bisa juga di belakang pekarangan rumah yang masih kosong.

Bagi para peternak pemula, untuk pembuatan kandang sebaiknya menggunakan bahan dasar pembuatan kandang dari bambu. Karena bila dibandingkan dengan bahan lainnya, bahan bambu lebih hemat biaya, berbeda halnya dengan bahan seperti besi dan aluminium yang dapat menguras biaya yang cukup besar.

2. Bibit

ayam petelur, cara beternak ayam petelur

myceisonline.com

Bibit ayam petelur yang harus dipilih yaitu bibit ayam yang berkualitas dan tidak mudah terserang penyakit. Cara memilih bibit ayam petelur yaitu dengan cara menyeleksinya terlebih dahulu atau di afkir. Pengafkiran biasanya dilakukan pada ayam yang berusia 4 sampai 5 bulan.

Cara pengafkir ayam petelur cukuplah mudah, kalian bisa memilih ayam yang sehat, gagah, dan tidak mudah penyakitan. Tujuan pengafkiran yaitu untuk memilih bibit yang nantinya dapat memproduksi telur dengan jumlah yang banyak, dan juga dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang ralatif pannjang.

3. Pakan

gambar ayam, cara beternak ayam petelur

jabarnews.com

Jenis pakan yang diberikan untuk ayam petelur tidaklah asal-asalan, karena jika kita sampai salah memberi pakan pada ayam petelur, maka bisa saja ayam petelur yang kita ternakan tidak dapat memproduksi telur dengan jumlah yang banyak (jauh dari yang kita harapkan).

Salah satu pakan yang bagus untuk ayam petelur contohnya seperti pur atau sentrat khusus untuk jenis ayam petelur. Pur sangatlah baik untuk pakan ayam petelur, karena dengan mengkonsumsi pur, ayam petelur dapat lebih produktif lagi untuk memproduksi telur.

4. Kesehatan Ayam

gambar ayam, cara beternak ayam petelur

vigilint.com

Hal penting yang harus diperhatikan dalam beternak ayam petelur adalah kesehatan ayam. Saat beternak ayam petelur kita harus bekerja ekstra dalam mengontrol kesehatan ayam setiap minggunya, apalagi jika ada ayam yang terkena penyakit, maka kita harus cepat-cepat untuk mengasingkannya ke kandang khusus.

Biasanya ayam yang terserang penyakit akan mudah menularkan penyakitnya ke ayam lain, maka dari itulah jika ada ayam yang terserang penyakit harus dipisah/diasingkan. Faktor utama yang membuat ayam petelur rentan terhadap penyakit yaitu faktor kebersihan kandang dan cuaca.

Faktor cuaca biasanya sangat mempengaruhi penurunan sistem produksi telur pada ayam, oleh sebab itu kita harus memberikan vaksin dan vitamin pada ayam. Ingat yang tidak boleh dilupakan adalah kebersihan kandang, jika kandang selalu bersih kemungkinan besar ayam akan sulit untuk terserang penyakit.

Nah teman-teman semua itulah tadi tahapan-tahapan yang harus diperhatikan dalam beternak ayam petelur. semoga info yang saya berikan dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih!!!

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.