Cara Membuat Daftar Pustaka yang Baik dan Benar

Cara Membuat Daftar Pustaka. Bagi teman-teman yang kurang minat membaca buku, mungkin kurang mengerti atau bingung apa itu yang dimaksud dengan daftar pustaka dan bagaimana cara pembuatannya. Berikut akan saya jelaskan tentang pegertian dari daftar pustaka dan juga cara membuatnya, supaya jika kalian ditugaskan atau ingin membuat daftar pustaka nantinya sudah mengerti dan tidak bingung lagi.

Pengertian Daftar Pustaka

gambar daftar pustaka, logo daftar pustaka, cara membuat daftar pustaka

pastorjasonmiller.com

Daftar pustaka merupakan daftar yang berisikan tetang semua buku atau tulisan yang tersusun dari sebuah karya ilmiah. Daftar pustaka adalah hasil dari tulisan ilmiah, sehingga menjadi rujukan dalam melakukan penelitian yang berisikan nama penulis, tahun terbit, judul buku, tempat penerbit, dan penerbit. Bila kalian ingin membuat makalah, artikel, buku, skripsi, dan lain sebagainnya,hendaknya kalian membuat daftar pustaka terlebih dahulu.

Pembuatan daftar pustaka yang baik dan berkualitas hendaknya harus sesuai dengan pokok-pokok permasalan yang sedang dibahas dalam sebuah karya ilmiah tersebut. Perlu diperhatikan, bila kalian membuat sebuah karya tulis ilmiah yang daftar pustakanya salah atau bahkan tidak ada, maka bisa dipastikan karya ilmiah yang kalian buat tersebut hoaks atau tidak dapat dipercaya (palsu).

Penempatan judul buku pada suatu daftar pustaka dan pada akhir dari karya ilmia sangatlah bersangkutan dengan mengutip isi penulisan pada buku. Daftar pustaka biasanya memberikan sumber informasi maupun teori atau pendapat yang digunakan sebagai dari pembuatan karya ilmiah tersebut, sehingga penulis haruslah mencantumkan judul buku pada daftar pustaka yang dibuat. Pada dasarnya daftar pustaka dibuat dengan menggunakan pemakain, pinjaman kalimat,  dan juga pendapat dari orang lain.

Daftar pustaka dapat kita temukan dihasil-hasil seperti penelitian, skripsi, makalah, tesis dan lain sebagainnya. Daftar pustaka juga mempunyai bagian yang sangat penting bagi sebuah hasil karya ilmiah. Maka dari itu sangat diperlukan daftar pustaka dalam sebuah karya ilmiah tersebut , supaya tidak diragukan lagi tentang kebenarannya. Jika kita mencantumkan daftar pustaka delam sebuah karya ilmiah, Para pembaca pun akan tertarik dengan materi yang dibahas dalam suatu karya ilmiah tersebut, dan juga bisa dengan mudah memeriksa bahkan untuk mempelajari materinya lebih dalam lagi.

Fungsi dan Kegunaan Daftar Pustaka

gambar daftar pustaka, logo daftar pustaka, cara membuat daftar pustaka

ktrk.kg

Berikut ini merupakan fungsi-fungsi dari daftar pustaka, antara lain sebagai berikut :

Fungsi Daftar Pustaka
  • Untuk menunjukan kepada pembaca bahwa karya ilmiah yang ditulis bukanlah hasil yang hanya didapat dari pemikiran sendiri, namun juga merupakan hasil dari pemikiran orang lain yang telah ditulis dalam karya ilmiah tersebut.
  • Untuk memberitahukan bahwa tulisan dan informasi yang ditulis dalam sebuah karya ilmiah bukanlah karya tulis yang ditulis secara asal atau tidak jelas, karena karya ilmiah yang berupa tulisan dan informasi tersebut didapat dari sumber yang jelas.
  • Untuk dapat menghargai sumber penulis dari hasil karya ilmiah yang tercantum, sehingga karya ilmiah yang dibuat dapat terselesaikan dengan teori dari si penulis tersebut.
  • Untuk memberikan suatu informasi kepada pembaca bahwa supaya bisa mengkaji lebih jauh tentang pemberitahuan pembuatan yang telah ditulis dalam karya ilmiah tersebut, sehingga pembaca dapat mencarinya dari daftar buku yang telah ditambahkan di daftar halaman.
  • Untuk mengetahui referensi yang ditulis atau dibuat berasal dari sumber pemikiran karya ilmiah yang mana.
  • Untuk memberitahukan kepada pembaca bahwa si penulis akan mengeluarkan lebih banyak , yaitu akan dipandang lebih profesional dengan mencatumkan daftar pustaka.

Kegunaan daftar pustaka adalah sebagai berikut :

  • Dapat Memperdalam Ilmu Pengetahuan

gambar daftar pustaka, logo daftar pustaka, cara membuat daftar pustaka

retail-loyalty.org

Daftar pustaka dapat memperdalam ilmu pengetahuan yang sangat penting tentang suatu masalah yang akan diteliti, sehingga nantinya penelitian ilmiah tersebut bisa dikontrol dan tidak keluar dari tujuannya pembahasan.

  • Dapat Memperkuat Kerangka Teoritis

gambar daftar pustaka, logo daftar pustaka, cara membuat daftar pustaka

gp7.es

Datar pustaka dapat memperkuat kerangka teoritis, yaitu dengan melakukan penekanan kerangka teoretis yang baik dan juga mumpuni, supaya dapat menjadi sebuah landasan dalam menjalankan kerangka yang didapat peneliti dalam penyusunan sebuah karya ilmiah.

  • Dapat Mempertajam Konsep

gambar daftar pustaka, logo daftar pustaka, cara membuat daftar pustaka

norikosumiya.com

Daftar pustaka dapat mempertjam konsep yang digunakan dalam sebuah penelitian sehingga dapat memudahkan perumusan hipotesisnya.

  • Dapat Mencegah Penelitian Ganda

gambar daftar pustaka, logo daftar pustaka, cara membuat daftar pustaka

revistacodigos.com

Daftar pustaka dapat mencegah penelitian ganda, karena banyak ilmuwan atau peneliti yang melakukan suatu penelitian yang terkadang dilakukan pada waktu yang sama, maka dari itu untuk menghindari terjadinya penelitian ilmiah ganda atau penelitian yang sama perlu dilakukan kajian kepustakaan, sehingga tidak memakan waktu, tenaga, dan biaya yang banyak.

“Kalian wajib baca ini: Cara membuat makalah

Unsur-Unsur Daftar Pustaka

gambar daftar pustaka, logo daftar pustaka, cara membuat daftar pustaka

haberler.com

Berikut ini merupakan unsur-unsur dari daftar pustaka, antara lain sebagai berikut :

Unsur-Unsur Daftar Pustaka
  1. Nama pengarang. Penulisan nama pengarang diawali dari nama bagian belakang terlebih dahulu, diikuti tanda koma kemudian nama depan diikuti tanda titik. Bila tidak ada nama pengarang, maka urutannya harus diawali dengan judul tulisan atau buku.
  2. Tahun terbit. Penulisan tahun terbit setelah nama pengarang, lalu diikuti dengan tanda titik.
  3. Judul tulisan atau buku. Penulisan judul tulisan atau buku setelah tahun terbit, cara penulisannya harus diberi garis bawah atau tanda baca dengan huruf miring, kemudian diikuti dengan tanda titik.
  4. Tempat terbit. Penulisan tempat terbit setelah selesai judul tulisan atau buku, lalu diikuti dengan tanda titik dua.
  5. Nama penerbit. Terakhir adalah penulisan nama penerbit yang ditulis setelah tempat atau kota terbit dan diakhiri dengan tanda titik.

Cara Membuat Daftar Pustaka beserta Contohnya

gambar daftar pustaka, logo daftar pustaka, cara membuat daftar pustaka

wenny-wenwen.com

Berikut ini merupakan cara membuat daftar pustaka yang baik dan benar beserta contohnya, antara lain sebagai berikut.

· Daftar Pustaka pada Buku

gambar daftar pustaka, logo daftar pustaka, cara membuat daftar pustaka

bisakali.net

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara membuat daftar pustaka pada buku :

  1. Nama pengarang. Selalu menuliskan nama belakang terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan dengan tanda koma, nama depan, dan titik.
  2. Tahun terbit. Cantumkan tahun terbit dari buku yang digunakan sebagai sumber.
  3. Judul buku. Penulisan judul dibuat dengan huruf miring.
  4. Tempat atau kota terbit. Cantumkan tempat atau kota pembuat buku yang digunakan sebagi sumber.
  5. Nama penerbit. Cantumkan nama penerbit yang membuat buku tersebut.

Contoh daftar pustaka pada buku :

  • Judul          : Kampus-Kampus Pencetak Para Jagoan Dunia
  • Penulis : Jauzi Efendi
  • Penerbit : Diva press
  • Kota terbit : Yogyakarta
  • Tahun terbit: 2013
Cara Penulisan

Efendi, Jauzi. 2013. Kampus-Kampus Pencetak Para Jagoan Dunia. Yogyakarta: Diva Press.

“Kalian wajib baca ini: Cara membuat daftar riwayat hidup

· Daftar Pustaka pada Artikel

gambar daftar pustaka, logo daftar pustaka, cara membuat daftar pustaka

muslimmedianews.com

Hampir sama dengan pembuatan daftar pustaka pada buku, hanya saja yang berbeda pada nama pengarang dan judul artikel. Berikut ini merupakan langkah-langkah cara membuat daftar pustaka pada artikel :

  1. Nama pengarang. Pastikan nama-nama yang dicantumkan itu adalah nama penulis artikelnya.
  2. Tahun terbit. Cantumkan tahun terbit dari buku yang digunakan sebagai sumber.
  3. Judul artikel. Penulisan judul tidak dengan huruf miring. Penempatan huruh miring yaitu pada nama jurnal, makalah, atau koran, dan dikuti dengan halaman artikel tersebut.
  4. Tempat atau kota terbit. Cantumkan tempat atau kota pembuat artikel.
  5. Nama penerbit. Cantumkan nama penerbit yang membuat artikel tersebut.

Contoh daftar pustaka pada artikel :

  • Judul jurnal : Gandeng Surga: Jurnal Pemanfaatan Sumber Daya Alam .
  • Judul artikel : Pemanfaatan Hasil dari Sumber Daya Alam di Kota Lampung.
  • Penulis : Aria Hasan.
  • Penerbit : Badan Pengelolaan SDA
  • Kota terbit : Lampung
  • Tahun terbit : 2015
Cara Penulisan

Hasan, Aria. 2015. ”Pemanfaatan Hasil dari Sumber Daya Alam” dalam Gandeng Surga: Jurnal Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Kota Lampung (hlm. 51-59). Lampung: Badan Pengelolaan SDA.

· Daftar Pustaka dari Internet

gambar daftar pustaka, logo daftar pustaka, cara membuat daftar pustaka

empereendedordigitalexpert.com

Pembuatan daftar pustaka dari internet agak sedikit berbeda dari pembuatan adftar pustaka pada umumnya. Berikut ini merupakan langkah-langkah cara membuat daftar pustaka dari internet :

  1. Nama pengarang. Selalu menuliskan nama belakang terlebih dahulu, setelah itu dilanjutkan dengan tanda koma, nama depan, dan titik.
  2. Tahun penayangan. Cantumkan tahun penayangan dari artikel tersebut.
  3. Penulisan judul pada artikel daring tidak menggunakan huruf miring, namun diapit dengan tanda kutip(“).
  4. Alamat URL harus disalin dari artikel tersebut, supaya nantinya pembaca dapat mengakses alamat URL tersebut bila ingin membuktikan keasliannya.
  5. Waktu pengambilan. Jangan sampai lupa untuk mencantumkan waktu pengambilan artikel daring tersebut dengan lengkap dibagian akhirnya.

Contoh daftar pustaka pada artikel dari internet:

  • Judul artikel       : Cara Membuat Makalah yang Benar.
  • Penulis                : Ahmad Hassan.
  • Tanggal Tayang : 21 Juni 2013.
  • Waktu Akses      : 19 Maret 2014, pukul 09.45.
  • URL                      : http://kitara.com/read/0764199/cara-memebuat-makalah-yang-benar.
Cara Penulisan

Hassan, Ahmad. 2013. “Cara Membuat Makalah yang Benar”, http://kitara.com/read/0764199/cara-membuat-makalah-yang-benar, diakses pada 19 Mareti 2014 pukul 09.45.

“Kalian wajib baca ini: Cara membuat surat kuasa

 

Nah teman-teman semua itulah informasi tentang cara membuat daftar pustaka yang baik dan benar. Jadi kalian tidak bingung lagi untuk membuat daftar pustaka, semoga apa yang telas saya sampaikan ini dapat bermanfaat, teruslah untuk selalu berkarya, dan jangan mudah untuk putus asa. Sekian dan terima kasih!!!

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.