3+ Cara Membuat Gantungan Kunci yang Mudah dan Murah

Cara membuat gantungan kunci. Apakah teman-teman semua ada yang tau cara membuat gantungan kunci ? dan bagaimanakah cara memebuat gantungan kunci yang keren, unik, dan menarik? Sebelum saya berikan cara membuat gantungan kunci, ada baiknya saya jelaskan terlebih dahulu apa itu gantungan kunci. Supaya teman-teman semua tidak bingung nantinnya.

Gantungan Kunci

Hasil gambar untuk pesan gantungan kunci malang

Gantungan kunci adalah suatu benda berbentuk gantungan kecil yang dapat digunakan sebagai pengait dari suatu benda kecil dengan memasukkan lubang kunci. Gantungan kunci juga dapat disambung dengan gantungan kunci lainnya. Biasanya gantungan kunci terbuat dari bahan kain, plastik, karet, logam,kayu dan bahan-bahan lainnya.

Gantungan kunci biasanya dipakai untuk megaitkan kunci, karena banyak sekali orang-orang yang lalai menaruh kunci secara sembarangan ketika habis dipakai, sehingga kunci yang habis dipakai pun hilang dan salah satu alasan orang-orang yang kehilangan kunci kebanyakan hampir sama yaitu faktor lupa untuk menaruh kunci di tempatnnya, maka dari itulah dibutuhkan gantungan kunci supaya kunci yang kita pakai bisa di gantung di tempatnya.

Bagi orang –orang yang suka treveling biasanya sering membawakan buah tangan berupa gantungan kunci biasanya kebanyakan bentuknya berupa logo dari tempat wisata atau lambang dari suatu daerah yang pernah disinggahi, contohnya seperti logo burung garuda, Singapore, menara petronas, Yogyakarta, Bali, siger Lampung, candi borobudur, dan lain sebagainya.

Dilihat dari segi model, fungsi, dan teknik pembuatannya gantungan kunci sekarang ini sudah sangat berkembang. Gantungan kunci saat ini dibuat semenarik mungkin agar dapat menarik perhatian  para treveler atau wisatawan untuk membeli gantungan kunci tersebut sebagai buah tangan atau oleh-oleh dari tempatnya berwisata.

Pada zaman sekarang ini sudah banyak dibuat secara masal. Namun, tidak hanya dapat dibuat secara masal di pabrik saja tetapi kita juga dapat membuat gantungan kunci dengan satu persatu menggunakan bahan yang sederhana. Gantungan kunci hasil buatan kita sendiri dapat memberikan kesan yang lebih khusus dan juga nilai seni yang tinggi.

Bukan hanya orang dewasa saja, namun ibu rumah tangga dan anak-anak pun sekarang sudah bisa berkreasi untuk membuat gantungan kunci. Gantungan kunci saat ini sudah banyak diperjual belikan di setiap daerah-daerah yang ada di Indonesia. Jadi bagi kalian yang ingin membeli gantungan kunci, kalian bisa beli saja langsung di pasar atau di tempat belanja online.

Fungsi dan kegunaan gantungan kunci

Adapun fungsi dan kegunaan dari gantungan kunci, antara lain sebagai berikut :

· Tempat Penggantungkan Kunci

Gambar terkait

Fungsi yang pertama adalah sebagai tempat kunci, karena kunci yang memiliki gantungan akan lebih aman dan jika jatuh akan mudah untuk ditemukan. Sebaiknya pilihlah gantungan-gantungan kunci yang ukurannya agak besar dari ukuran kuncinya dan juga berwarna sehingga kita dapat dengan mudah untuk mencarinya.

· Tempat Menulis Identitas

Gambar terkait

 Fungsi selanjutnya yaitu sebagai tempat menulis identitas. Kalian bisa membuat atau memesan (membeli) gantungan kunci untuk memuat nama atau identitas kalian secara pribadi. Apabila kalian memiliki suatu barang yang berharga, misalnya seperti kunci rumah, kunci mobil, kunci motor, dan barang berharga lainnya, bila barang tersebut tertinggal atau terjatuh di suatu tempat dan ada yang menemukannya,  jika orang itu jujur maka dia akan dapat langsung menghubungi kalian .

· Sebagai Identitas Sekolah atau Kantor

Hasil gambar untuk gambar gantungan kunci

Pada zaman sekarang ini banyak sekali tempat-tempat seperti sekolah, perusahaan dan komunitas yang setiap anggotanya rata-rata memiliki gantungan kunci. Pada umumnya gantungan kunci tersebut digunakan untuk mencantumkan nama dari suatu sekolah, perusahaan ataupun komunitas. Biasanya gantungan kunci itu digunakan sebagai tanda dari suatu kelompok atau komunitas, dengan logo dari komunitas tersebut.

“Artikel terkait: Cara Membungkus Kado

· Sebagai Souvenir

Gambar terkait

Fungsi selanjutnya yaitu sebagai souvenir, banyak sekali macam-macam souvenir yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari –hari, seperti souvenir ulang tahun, pernikahan, kegiatan-kegiatan  khusus, perpisahan sekolah, oleh-oleh setelah liburan, dan masih banyak lagi.

Souvenir pernikahan biasanya berisikan foto dari pasangan pengantin pria dan wanita.Setelah liburan kebanyakan orang-orang membelikan untuk para keluarga atau kerabat-kerabat terdekatnya. Biasanya orang yang habis berlibur rata-rata membeli oleh-oleh berupa gantungan kunci, karena selain murah bentuknya pun unik dan menarik.

· Media Promosi

Hasil gambar untuk gambar gantungan kunci

Sekarang ini sudah banyak sekali tempat-tempat wisata yang sudah memiliki gantungan kunci unik dan menarik untuk dijajakan atau dijual kepada wisatawan, supaya kawasan wisatanya lebih terlihat menonjol di mata para pengunjung. Pada umumnya gantungan kunci tersebut kebanyakan berisikan tentang foto atau tulisan-tulisan yang menggambarkan suatu tempat wisata.

· Lahan untuk Mendapatkan Penghasilan

Gambar terkait

 Fungsi selanjutnya yaitu sebagai bahan untuk membuka lahan supaya mendapatkan penghasilan. Kita dapat membuka usaha kecil dari gantungan kunci yang dan apabila usaha tersebut dijalani dengan konsisten dan serius maka ladang usaha yang kita miliki akan menghasilkan. Cara untuk mendapatkan lahan untuk mendapatkan penghasilan yaitu dengan mempromosikan gantungan kunci yang dibuat dengan menarik dan baik.

Jika daerah kalian dekat dengan lokasi wisata, akan lebih baik lagi jika gantungan kunci yang kalian buat dijual di lokasi sekitar wisata tersebut. Selain modal yang digunakan untuk membuat gantungan kunci relatif terjangkau.Maka itu akan memudahkan kita untuk mencari dan membeli benda-benda tertentu.

Jenis-Jenis Gantungan Kunci

Hasil gambar untuk gambar kumpulan gantungan kunci

Berikut merupakan jenis-jenis dari gantungan kunci, adapun jenis-jenisnya antara lain sebagai berikut :

Jenis-Jenis Gantungan Kunci
  • Gantungan Kunci Logam
  • Gantungan Kunci Flanel
  • Gantungan Kunci Karet
  • Gantungan Kunci Akrilik
  • Gantungan Kunci Batok Kelapa
  • Gantungan Kunci Plastik

“Artikel terkait: Cara Membuat Kerajinan Tangan

Cara Membuat Gantungan Kunci

Gambar terkait

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara membuat gantungan kunci yang mudah dan aman.

· Dari Tanah Lempung

Gambar terkait

Cara Membuatnya
  1. Langkah pertama yaitu pipihkan tanah lempung terlebih dahulu.
  2. Lalu gunakanlah cetakan kue kering untuk memotong tanah lempung supaya menjadi bentuk yang diinginkan.
  3. Selanjutnya buatlah lubang kecil pada tanah lempung dengan cara di tusuk dengan lidi atau benda tajam lainnya.
  4. Terakhir, letakkan tanah lempung tadi dan masukanlah kedalam mesin panggang agar teksturnya keras.
  5. Ketika sudah keras, gantungan kunci dari tanah lempung pun sudah siap digunakan.

· Dari Kain Flanel

Hasil gambar untuk gantungan kunci dari kain flanel polos berbentuk bintang

Cara Membuatnya
  1. Langkah pertama yaitu buatlah sketsa dari 2 lembar kain flanel berbentuk gantungan yang kalian inginkan.
  2. Lalu gabungkan 2 lembar kain flanel hasil dari sketsa tadi.
  3. Selanjutnya jahitlah sebagian kain yang telah digabungkan tadi.
  4. Setelah selesai dijahit, lalu isi dengan menggunakan dakron.
  5. Kemudian jahitlah sisi kain yang tersisa.
  6. Setelah itu kalian bisa menambahkan hiasan-hiasan yang unik sesuai selera kalian masing-masing.
  7. Terakhir, kalian tinggal memasangkan gantungan atau rantai yang terbuat dari besi supaya kuat.
  8. Selesai, gantungan dari kain flanel pun sudah siap untuk digunakan.

· Dari Kain Flanel Berbentuk Emoticon

Gambar terkait

Cara Membuatnya
  1. Langkah pertama, yaitu buatlah terlebih dahulu 2 pola yang berbentuk bulat.
  2. Lalu kalian bisa menggambarkan ekspresi atau emoticon apa saja di salah satu pola.
  3. Selanjutnya ambilah benang berwarna hitam atau warna apa saja, dan jahitlah gambar mulut dengan emoticon yang anda sukai.
  4. Setelah itu oleskanlah bagian atas pola dengan menggunakan lem tembak.
  5. Kemudian kalian bisa merekatkan tali satin pada tempat olesan lem tersebut.
  6. Tali satin digunakan untuk menjadi pengait gantungan kunci nantinya.
  7. Selanjutnya kalian bisa menjahit sisi dari sisi samping kain, jahit hingga seluruh kain dan sisakan sedikit celah untuk memasukkan dakron.
  8. Setelah itu masukanlah dakron kedalam kain tadi sampai penuh, hingga bentuk kain tadi mengembang.
  9. Tahap selanjutnya yaitu dengan memberikan mata pada kain, yaitu dengan membuat mata untuk emoticon dari kain flanel berwarna.
  10. Kemudian setelah mata selesai dibuat, kalian bisa menempelkan mata tadi menggunakan lem tembak.
  11. Terakhir, pasanglah gantungan kunci, dan gantungan kunci dari kain flanel berbentuk emoticon pun sudah siap digunakan.

Nah teman-teman semua itulah informasi tentang gantungan kunci dan juga cara membuatnya. Semoga informasi yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari. Itu saja dari saya, sekian dan terima kasih!!!

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.