Intip Rahasia Cara Membuat Kandang Ayam Petelur yang Strategis dan Akurat

Pembuatan kandang ayam-” Anda suka beternak ayam petelur, tapi bingung bagaimana caranya membuat kandang ayam petelur yang bagus, mudah, dan hemat?” Nah untuk itu Anda tidak perlu khawatir, karena kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu tentang pembuatan kandang ayam petelur.

Pembuatan kandang ayam petelur haruslah memiliki teknik dan strategi yang khusus, supaya nantinya ketika kandang sudah yang kita buat sudah jadi, kandang tersebut dapat digunakan secara maksimal dan dapat bertahan lama sesuai dengan yang kita harapkan.

1. Lahan

cara membuat kandang ayam petelur

pixabay.com

Dalam pembuatan kandang ayam petelur, hal yang harus kita lakukan paling utama adalah dengan mempersiapkan lahan yang cukup terlebih dahulu, atau lahan yang sesuai dengan kapasitas banyaknya jumlah ayam petelur yang ingin kita ternakkan.

Pemilihan lahan yang strategis yaitu di atas tanah yang datar di bawah kemiringan 45 derajat, karena jika kita membuat kandang ayam petelur dengan ukuran yang luas dan besar, itu dapat memudahkan kita  dalam pembuatan kandang ayam petelur tersebut.

Berbeda lagi jika kita membuat kandang ayam petelur di atas tanah yang memiliki kemiringan di bawah 45%,  keadaan tanah dengan kemiringan seperti ini akan dapat mempersulit kita dalam pembuatan kandang, terlebih lagi jika kita membuat kandang dengan ukuran yang relatif besar dan membutuhkan lahan yang luas.

2. Bahan Utama

cara membuat kandang ayam petelur

pixabay.com

Bagi Anda yang ingin membuat kandang dengan ukuran yang relatif luas namun hanya memiliki modal yang tidak terlalu besar, Anda tidak perlu khawatir! Anda dapat membuat kandang dengan menggunakan bahan dasar bambu, karena selain harganya yang murah bambu juga memiliki ketahanan pakai yang cukup kuat.

Bila ingin membuat kandang ayam petelur, Biasanya para peternak pemula ketika membuat kandang menggunakan bahan dasar dari bambu. Pembuatan kandang dengan bahan dasar bambu tidaklah menguras banyak modal, Berbanding terbalik ketika Anda menggunakan bahan dasar besi atau kawat, yang dapat menguras banyak biaya untuk modal beternak Anda.

Selain harganya yang relatif murah, pohon bambu juga sangatlah mudah untuk di cari. Terlebih lagi jika Anda memiliki perkebunan bambu, maka Anda sangat beruntung sekali karena dapat memanfaatkan pohon bambu tersebut sebagai bahan pembuatan kandang ayam petelur.

“Artikel terkait: Ayam Burma

3. Alat-Alat Perkakas

cara membuat kandang ayam petelur

pixabay.com

Sebenarnya pembuatan kandang ayam petelur tidak rumit dan juga tidak membutuhkan banyak alat-alat perkakas. Biasanya para pembuat kandang ayam hanya menggunakan alat-alat dasar dari perkakas, contohnya seperti gergaji, linggis, golok, palu dan paku.

Alat-alat perkakas sangatlah dibutuhkan dalam pembuatan kandang ayam petelur. Tanpa adanya alat perkakas, apalah artinya kandang ayam petelur bisa di buat dengan mudah. Contohnya seperti pemasangan atap atau seng kandang, jika tidak menggunakan bantuan palu dan paku, mungkin proses pembuatan kandang tersebut akan sangat sulit.

Jadi alat-alat perkakas sangatlah berperan penting dalam proses pembuatan kandang ayam petelur. Maka dari itu, jika kalian ingin membuat kandang ayam petelur hal yang harus di persiapkan terlebih dahulu adalah alat-alat perkakas.

4. Jumlah Anggota Pekerja

cara membuat kandang ayam petelur

pixabay.com

Tidaklah akan berhasil dan terselesaikan suatu pekerjaan apabila tidak di kerjakan oleh seorang pekerja. Begitu pula dengan proses pembuatan kandang ayam petelur, pembuatan kandang tidak akan selesai di kerjakan jika tidak ada yang mengerjakan.

Supaya proses pembuatan kandang ayam petelur cepat terselesaikan dan tidak membutuhkan waktu yang lama, Anda bisa meminta bantuan lebih dari 5 orang tukang atau teman yang bisa mengerjakan pembuatan kandang tersebut.

Jika pembuatan kandang ayam dikerjakan lebih dari 5 orang pekerja, maka itu akan dapat mempermudah dan mempercepat proses pembuatan kandang ayam. Jadi, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu yang lama dalam pembuatan kandang tersebut.

“Artikel terkait: Ayam Bangkok

5. Ukuran Kandang

cara membuat kandang ayam petelur

pixabay.com

Hal yang harus diperhatikan Terakhir adalah ukuran atau luas kandang yang akan dibuat. Sebelum Anda melakukan pembuatan kandang ayam petelur,  Anda harus memperhatikan terlebih dahulu ukuran kandang yang nantinya akan dibuat.

Apabila jumlah ayam petelur yang akan diternak kurang dari 200 ekor, maka sebaiknya Anda membuatkan kandang dengan ukuran 20 X 1,5 meter persegi = 2 kandang yang saling berhadapan. Jika jumlah ayam lebih dari 200 ekor, maka kandang yang harus anda buat lebih dari 20 X 1,5 meter persegi = 2 kandang yang saling berhadapan.

Sebenarnya Anda dapat menyesuaikan ukuran kandang dengan jumlah ayam petelur yang akan diternakan. Ukuran kandang tersebut dapat Anda prediksikan sendiri sesuai dengan luasnya lahan yang Anda miliki. Kenapa harus di tentukan sendiri? itu karena Anda mungkin tidak terpaku dengan jumlah ayam yang Anda ternakan nantinya.

Jadi jika nantinya Anda ingin beternak ayam dengan jumlah yang banyak namun belum punya modal yang cukup?Anda tidak perlu khawatir, karena dengan membuat kandang yang ukuranya lebih besar dan jumlah ruanganya yang lebih banyak, Anda nantinya tidak perlu repot-repot membuat kandangnya lagi, jika sewaktu-waktu Anda ingin menambahkan jumlah ayam petelur lagi.

Nah sob! Begitulah tadi hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam cara membuat kandang ayam petelur yang simpel dan mudah. Semoga dengan tips yang saya berikan ini dapat bermanfaat di kehidupan sehari-hari, khususnya bagi kita semua.

Tunggu artikel selanjutnya… Sekian dan terima kasih!!!

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.