8 + Cara Membuat Makalah yang Baik dan Berkualitas

Cara membuat makalah. Teman-teman semua tahu tidak apa itu yang dimaksud dengan makalah? dan bagaimana cara membuat makalah? Bagi kalian yang masih bingung untuk membuat makalah tidak usah khawatir, terlebih lagi bagi para siswa di sekolah yang biasanya sering diberi tugas untuk membuat makalah, karena disini saya akan menjelaskan tentang makalah dan cara membuatnya. Supaya nantinya kalian tidak bingung lagi ketika diberi tugas untuk membuat makalah.

Pengertian Makalah

Hasil gambar untuk makalah png

Makalah adalah salah satu jenis dari sebuah karya tulis dengan memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu, yang bersifat ilmiah dengan pembahasan suatu  permasalahan tertentu berdasarkan dari hasil kajian teori atau kajian lapangan.  Biasanya makalah dibuat untuk disajikan dalam sebuah forum ilmiah atau tugas-tugas yang teratur.

Makalah juga bisa diartikan sebagai salah satu jenis karangan yang memiliki sifat-sifat ilmiah yaitu tidak memihak siapapun, objektif, berdasarkan dengan fakta, logis, dan juga bersifat sistematis. Pada umumnya makalah dibuat dengan cara sistematis dan beraturan disertai dengan analisis yang logis dan juga objektif. Pembuatan makalah biasanya bertujuan untuk memenuhi tugas-tugas tertentu seperti tugas akademik maupun tugas non-akademik.

Makalah dapat dijadikan sebagai sarana informasi, demonstrasi, dan pemahaman dari penulis, yaitu tentang segala permasalahan yang dapat dipelajari oleh penulis tersebut dalam menerapkan suatu prosedur, prinsip, dan teori yang berhubungan dengan masalah-masalah tertentu. Perlu kalian ketahui bahwa makalah bukanlah sebuah rangkuman, namun sebuah sarana untuk menunjukkan kemampuan dan pemahaman terhadap isi yang berasal dari berbagai sumber yang digunakan sebagai pemecah suatu masalah.

Ciri-Ciri Makalah

Hasil gambar untuk 7.5 información documentada iso 9001 2015

Berikut ini merupakan ciri-ciri dari makalah, antara lain sebagai berikut :

“Kalian wajib baca ini: Cara membuat surat kuasa

· Akurat dan Menyeluruh

Ciri makalah yang pertama yaitu akurat dan menyeluruh yang berarti penyajiannya yang akurat berdasarkan fakta dan inspirasi yang ada. Biasanya makalah yang akurat dan menyeluruh sudah mencantumkan karya dari topik-topik yang berkenaan dengan masalah yang ada.

· Mempunyai Sumber Info yang Baik

Ciri makalah selanjutnya adalah yang paling penting disetiap makalah. Makalah yang baik yaitu mengakui adanya sumber info yang baik, dengan syarat karyanya yang berkenaan dengan topik dari makalah tersebut sudah diterbitkan terlebih dahulu. Makalah biasanya tidak menggunakan sumber info yang bermacam-macam. Jika makalah yang dibuat memiliki fakta dan inspirasi, namun itu bukan suatu karya yang asli dari penulis, maka isi yang tercantum berdasarkan fakta dan inspirasi dari sumbernya harus diberi kutipan.

· Seimbang

Ciri makalah berikutnya yaitu seimbang. Makalah yang baik biasanya di dasari oleh fakta , gagasan, dan juga sudut pandang yang tercantum dengan objektif dan seimbang. Cara menyeimbangkannya yaitu dengan melihat keunggulan dan kelemahan dari makalah tersebut.

· Kreatif

Hasil gambar untuk makalah png

Ciri selanjutnya adalah kreatif yaitu, ketika dibuat makalah tersebut tidak hanya menyajikan fakta belaka. Namun itu bukan berarti bahwa kabar atau berita yang di makalah tidak berdasarkan fakta, karena dalam pembuatan makalah yang baik itu memiliki fakta-fakta yang ditata, dianalisa, dipadukan, dan juga digunakan sebagai landasan dengan memakai cara yang kreatif.

· Penulisannya yang Benar

Ciri berikutnya yaitu memiliki penukisan yang benar. Karena jika makalah yang dibuat dengan penulisan-penulisan yang salah maka itu akan menyebabkan kekeliruan gaya bahasa. Jadi makalah yang memiliki penulisan yang benar akan bebas dari masalah kekeliruan gaya dan susunan bahasa, sehingga makalah tersebut lebih mudah untuk dibaca dan dipahami.

· Tersusun dengan Baik

Ciri yang terakhir yaitu tersusun dengan baik. Makalah yang tersusun dengan baik biasanya mempunyai tujuan yang jelas. Makalah yang berkualitas baik memiliki materi yang disusun secara logis, tepat, dan dengan penulisan kalimat yang baik berdasarkan dari bagian-bagiannya

Jenis-Jenis Makalah

 

Berikut merupakan jenis-jenis dari makalah :

· Makalah deduktif

Makalah dedukatif  merupakan yaitu makalah yang dibuat dengan cara penulisannya didasari dengan suatu kajian teoretis .

· makalah induktif

Makalah induktif yaitu makalah yang dibuat dengan cara menyusun data empiris, yaitu data yang diperoleh dari bidang yang berkaitan dengan suatu masalah yang dibahas.

· Makalah campuran

Makalah campuran yaitu makalah yang dibuat dengan cara menggabungkan 2 dasar penyusunan, yaitu kajian teoretis dan data empiris yang bekaitan dengan suatu masalah yang dibahas. Makalah campuran bisa diartikan sebagai makalah penggabung antara makalah deduktif dan makalah induktif.

Fungsi Makalah

Hasil gambar untuk wet openbaarheid van bestuur

Berikut ini merupakan fungsi dari makalah :

Fungsi Makalah
  • Dapat melatih suatu penulisan supaya mampu menyusun karya-karya ilmiah yang dibuat dengan benar dan cermat.
  • Dapat memperluas dan menambah wawasan si penulisnya dalam mempelajari ilmu dari makalah tersebut.
  • Dapat memberikan bantuan untuk suatu pemikiran yang baik, yaitu terdiri dari konsep teoretis dan konsep praktis.
  • Dapat memberikan banyak manfaat untuk suatu perkembangan konsep keilmuan dan juga sebagai bahan untuk pemecahan masalah.
  • Dapat belajar tentang pemahaman masalah beserta solusinya.
  • Dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari.
  • Dapat membuka pemikiran untuk memahami suatu permasalahan.

“Kalian wajib baca ini: Cara membuat daftar pustaka

Cara Membuat Makalah

Hasil gambar untuk makalah png

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara pembuatan makalah yang baik dan benar:

1. Cover / Bagian Sampul Makalah.

Lankah pertama yaitu membuat cover atau sampul makalah. Dalam pembuatan makalah haurs diawali dengan covernya terlebih dahulu seperti  judul, logo sekolah atau universitas, data lengkap penulis, jurusan atau fakultas, kota, dan tahun makalah itu di buat.

2. Kata Pengantar

Langkah selanjutnya yaitu kata pengantar. Biasanya kata pengantar diawali dengan kalimat pujian kepada Allah SWT atau kepada Tuhan, pengucapan terima kasih, dan juga diakhiri dengan harapan dari penulis makalah tersebut.

3. Daftar Isi

Langkah berikutnya yaitu daftar isi. Biasanya daftar isi berisi tentang  poin-poin penting beserta nomor halaman yang terdapat di dalam makalah tersebut.

4. BAB I Pendahuluan

Langkah selanjutnya yaitu BAB I pendahilian. Biasanya bagian BAB I tentang pendahuluan secara umum berisikan tentang  gambaran umum suatu makalah tersebut. Contohnya seprti masalah yang akan di bahas dan latar belakang pengambilan suatu masalah. BAB 1 pendahuluan memiliki beberapa unsur yaitu latar belakang, rumusan masalah, maksud dan tujuan.

5. BAB II Pembahasan

 

Hasil gambar untuk makalah png

Langkah berikutnya yaitu BAB II. Biasanya pada bagian ini akan membahas secara tuntas permasalahan yang diambil pada BAB I. Dalam bagian pembahasan ini, penulis harus mengungkapkan fakta-fakta yang jelas dengan cara memperkuat tulisan yang mendukung gagasan penyampaian , karena bagian ini adalah isi yang sesungguhnya dari makalah tersebut.

6. BAB III Penutup

Langkah selanjutnya yaitu BAB III penup. Biasanya pada bagian ini membahas tentang kesimpulan dan juga saran dari pembahasan yang telah dibahas pada BAB II.

7. Daftar Pustaka

Langkah selanjutnya yaitu daftar pustaka. Biasanya berisikan tentang daftar sumber lanjutan yang diambil untuk makalah tersebut, dengan menggunakan aturan penulisan yang harus diikuti. Contohnya seperti yang terdapat pada buku-buku, jurnal, skripsi, dan lain sebagainya.

8. Lampiran

Langkah yang terakhir yaitu lampiran. Biasanya lampiran tidak harus ada atau tidak mutlak, karena Pada bagian ini hanya melampirkan data-data pendukung makalah dari makalah tersebut. Salah satu contohnya seperti  foto-foto dalam beraktivitas.

Pada dasarnya pembuatan makalah yang baik itu harus didasari dengan unsur-unsur yang baik pula seperti :

Unsur Makalah
  1. Data yang dugunakan haruslah berkualitas tinggi.
  2. Mampu menunjukkan kejujuran ilmiah penulis.
  3. Bahasa yang digunakan harus singkat, padat, dan juga jelas.

“Kalian wajib baca ini: Cara membuat daftar riwayat hidup

Nah teman-teman semua itulah tadi informasi tentang cara membuat makalah yang baik dan berkualitas. Informasi yang disajikan diablil dari berbagai referensi salah satunya adalah cakhasan.com Semoga apa yang telah saya terapkan dapat bermanfaat dikehidupan kita sehari-hari. Sekian dari saya, teruslah untuk berkarya, janganlah mudah untuk berputus asa, dan terima kasih!!!

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.