Terlengkap! Cara Membuat Plastisin yang Murah dan Mudah

Cara Membuat Plastisin. Teman-teman semua ada yang tahu apa itu plastisin? Dan bagaimanakah cara membuat plastisin? Bagi kalian yang belum paham dengan plastisin, pasti kalian bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan plastisin. Untuk itu akan saya jelaskan apa yang dimaksud dengan plastisin sebenarnya, supaya kalian yang belum tahu tidak merasa heran dan penasaran tentang plastisin.

Pengertian Plastisin

Gambar terkait

Plastisin adalah suatu bahan mainan anak-anak yang berbentuk seperti tanah liat. Plastisin merupakan sebuah mainan anak-anak yang terbuat dari bahan lilin berbentuk lunak. yang biasa digunakan oleh anak-anak untuk bermain, akan tetapi plastisin bisa mengeras jika dibiarkan di udara berlama-lama dan terkena cahaya matahari atau panas.

Plastisin juga merupakan alat untuk bermain anak-anak dengan permainan yang menggunakan bahan adonan sebagai dibentuknya. Sebagian orang juga banyak yang menggantikan bahan plastisin ini dengan tanah liat, karena bahannya yang banyak didapatkan di lingkungan sekitar. Kalian juga membuat adonan plastisin dari tepung untuk membuat suatu model atau bentuk kegiatan yang bisa dibuat dengan menggunakan tangan atau cetakan .

Plastisin biasanya digunakan sebagai pembentuk berbagai jenis replika barang yang didasarkan oleh tingkat kreativitas anak-anak. Bagi para orang tua di rumah bisa membimbing anaknya untuk menghidupkan atau mengaktifkan ide-ide kreatif , yaitu dengan cara membiarkan anak-anak untuk memainkan imajinasinya  sesuka hati mereka.

Kebanyakan guru di sekolah menggunakan plastisin sebagai bahan proses pembelajaran di  TK (Taman Kanak-kanak), akan tetapi proses tersebut tidak memiliki waktu yang intensif, dan proses tersebut akan terlihat pada saat anak-anak telah selesai melakukan kegiatan untuk membentuk plastisin.

Anak- anak di sekolah bisa saja menyesuaikan gurunya dengan melihat contoh-contoh yang dibuat oleh gurunya. Kegiatan membentuk plastisin dapat membuat anak-anak menjadi kreatif, karena mereka akan berimajinasi sendiri tentang apa yang akan di bentuk pada plastisin. Orang tua sangatlah berperan penting dalam membimbing anaknya di rumah, yaitu untuk mengembangkan kreativitas anak-anak dengan perantara media plastisin, sebab waktu bermain anak sebagian lebih banyak dihabiskan di rumah dari pada di sekolah.

Pola anak-anak yang kurang kreatif yaitu dengan membentuk plastisin sesuai dengan contoh yang diberikan oleh guru, tanpa adanya tambahan kreasi yang lain dari anak tersebut.  Bagi anak yang kurang kreatif, diperlukan bimbingan khusus supaya supaya proses pembentukan pola pikir dan imajinasi anak mengalami perkembangan untuk berkreativitas.

Fungsi Plastisin

 

Gambar terkait

Plastisin merupakan salah satu media seni yang digunakan dalam proses pembelajaran yaitu sebagai sebagai untuk membentuk berbagai macam kreasi. Anak-anak biasanya suka sekali dengan media plastisin, karena saat dipegang rasanya licin. Kalian juga bisa membuat plastisin dari bahan tanah liat yang masih basah, atau juga bisa dari bahan koran yang direndam di air lalu diperas.

Membentuk plastisin sebaiknya dilakukan saat suasana bermain, karena pada saat suasana ini anak-anak akan mendapatkan suatu kegiatan dengan suasana yang bebas, seru, dan menyenangkan. Sehingga dari kegiatan membentuk plastisin, dapat menumbuhkan minat dan keinginan anak-anak untuk lebih bersemangat dalam melakukan suatu kegiatan yang positif. Kebutuhan dan kemampuan anak-anak dalam melakukan kreativitas.

Plastisin sangat tepat untuk digunakan sebagai media pembelajaran anak, khususnya dalam masa TK (Taman Kanak-Kanak), karena bahan bahan dari plastisin mudah untuk di bentuk, tidak kotor, dan terdiri dari berbagai macam warna. Sehingga, anak-anak dapat dengan bebas memilih warna yang digemari.

Berikut ini merupakan cara yang dilakukan dalam kegiatan membentuk plastisin, di antaranya adalah sebagai berikut:

·  Meremas

Cara meremas merupakan cara yang dilakukan dengan menekan dan menepuk-tepuk bahan plastisin yang lentur seperti lilin atau tanah liat dengan menggunakan jari tangan.

“Artikel terkait: Cara Membuat Origami

·  Melipat

Hasil gambar untuk make your own playdough

Cara melipat merupakan cara yang dilakukan membuat bentuk plastisin dengan membanting dan mombolak-balik bahan plastisin, lalu dilebarkan dan digulung atau dilipat.

·  Menyusun atau Mengkontruksi

Gambar terkait

Cara menyusun atau mengkontruksi merupakan cara menggabungkan bentuk plastisin antara satu dengan yang lainnya secara tersusun.

Membentuk atau mengolah bahan plastisin merupakan suatu kegiatan yang dapat dilakukan dengan cara ditekan dengan jari atau membuat lilitan yang panjang. Anak anak-anak dapat menghasilkan suatu bentuk yang diinginkan dengan melakukan cara seperti meremas, melipat, dan menyusun atau mengkontruksi pada bahan plastisin.

Biasanya, kebanyakan anak-anak membentuk plastisin dengan cara menepuk-tepuk, membanting,  dan meremas bahan tersebut. Cara menciptakan suatu bentuk yang baik atau bagus dengan menggunakan bahan plastisin tidak hanya dibutuhkan dengan cara pengolahan yang biasa saja , tetapi dengan cara pengolahan yang khusus dan juga harus mengetahui bentuk-bentuk yang bisa diciptakan dari bahan plastisin tersebut.

Pengenalan bentuk-bentuk yang ada di alam sekitar juga harus diterapkan, caranya yaitu dengan pergi ke tempat-tempat yang bisa dijadikan sebagai objek pengamatan, keingintahuan, dan lain sebagainya yang bisa diolah oleh pemikiran pemikiran atau ide-ide yang dapat di tuangkan ke dalam sebuah bentuk karya dari bahan plastisin.

“Artikel terkait: Cara Membuat Squishy

Cara Membuat Plastisin

Gambar terkait

Bagi kalian yang gemar membeli mainan plastisin, karena alasan tidak mengerti cara membuatnya. Saya akan memberikan tips cara membuat plastisin, sebab bahan plastisin sendiri sangat mudah dan murah jika dibuat sendiri. Berikut ini merupakan langkah-langkah cara membuat plastisin.

Bahan-bahan yang diperlukan :

  1. Siapkan 2 cangkir tepung,
  2. 1 cangkir garam,
  3. 2 sendok minyak makan,
  4. 1 cangkir air,
  5. 2 sendok krim tartar,
  6. Pewarna makanan secukupnya.
Cara Membuatnya
  1. Campur semua bahan dalam wadah pewarna makanan dan krim tartar.
  2. Lalu, aduk semua bahan menggunakan mixer atau bisa juga di remas-remas menggunakan tangan hingga rata.
  3. Setelah selesai diaduk, panaskan kedalam panci atau oven.
  4. Kemudian tunggu sampai adonan memiliki gumpalan yang lembut.
  5. Selanjutnya tambahkan lagi sedikit minyak makan, supaya adonan plastisin terasa lebih lembut.
  6. Setelah itu tambahkan sedikit pewarna makanan ke dalam adonan plastisin tersebut, sambil diaduk terus hingga warnanya merata.
  7. Kemudian tambahkan 2 sendok krim tartar, fungsinya adalah untuk menjaga adonan supaya tetap bagus dan awet ketika nantinya dimainkan.
  8. Selanjutnya simpan adonan plastisin di dalam wadah yang tertutup atau toples, dan jangan sampai adonan terkena sinar matahari langsung.
  9. Setelah itu, jika adonan sudah mengering, kalian bisa mengeluarkannya, lalu masukan adonan kedalam air yang berminyak.
  10. Terakhir, remas dan hangatkan adonan plastisin tadi.
  11. Selesai, plastisin pun sudah bisa digunakan sebagai alat bermain.

Cara Membuat Plastisin dari Bahan Kertas

Plastisin juga dapat dibuat dengan menggunakan bahan kertas, berikut cara membuatnya :

Cara Membuatnya
  1. Langkah pertama yaitu kalian bisa menyiapkan setengah lusin kertas.
  2. Lalu sobek kertas tersebut menjadi potongan-potongan yang sangat kecil.
  3. Setelah itu masukan kertas tersebut ke dalam wadah atau mangkok plastik.
  4. Kemudian tuangkan air panas ke dalam mangkuk plastik yang berisi kertas.
  5. Selanjutnya kalian pastikan semua kertas yang ada di dalam wadah tadi terkena air panas semua.
  6. Lalu remas-remas kertas tersebut sampai menjadi seperti bubur.
  7. Setelah kalian peras kertas tersebut sampai kandungan airnya sedikit.
  8. Kemudian larutkanlah lem PVA, kalian juga bisa membuat lemnya dari tepung.
  9. Selanjutnya campurkan bubur kertas tadi dengan lem PVA.
  10. Terakhir, perlu kalian perhatikan jika campuran terlalu basah peraslah lagi adonan tersebut sampai tidak encer lagi.
  11. Selesai, plastisin dari bahan kertas pun sudah jadi dan bisa digunakan untuk menjadi alat bermain.

Sebenarnya jika ada kemauan untuk membuat plastisin kita tidak perlu susah-susah untuk membelinya lagi, karena selain harganya mahal kita belum tentu bisa puas memainkannya, dibandingkan dengan hasil buatan kita sendiri yang harga bahannya lebih hemat, murah, dan mudah untuk dibuat sendiri.

Nah teman-teman semua itulah tips cara membuat plastisin yang murah dan mudah dari saya. Semoga informasi yang saya sampaikan bisa bermanfaat di kehidupan kita sehari-hari. Manfaatkanlah waktu kalian dengan baik dan teruslah untuk berkarya dengan kreasi-kreasi yang baru. itu saja dari saya, sekian dan terima kasih!!!

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.