12 + Cara Mengambil Uang di ATM yang Mudah dan Aman

Cara mengambil uang di ATM. Zaman sekarang ini siapa yang tidak kenal dengan nama ATM? Mungkin hampir seluruh orang di Indonesia sudah mengetahui ataupun sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ATM.

Dalam suatu perbankan biasanya kita sering mendengar sebutan ATM. ATM sering dikaitkan dengan sebuah alat pembayaran yang menggunakan kartu dan mesin. Setiap nasabah bank yang membuka tabungan akan mendapatkan kartu ATM, supaya bisa melakukan transaksi di mesin ATM.

Sekarang ini, banyak sekali masyarakat yang sudah bisa mengoprasikan ATM, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Tidak hanya masyarakat di daerah perkotaan saja, namun banyak juga masyarakat di daerah pedesaan yang sudah bisa mengoprasikan dan memiliki kartu ATM.

Nah, sebelum saya memberikan cara mengambil uang di ATM, dan bagi kalian yang belum tahu ATM, alangkah baiknya saya jelaskan terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan ATM beserta fungsi dan manfaatnya. Supaya kalian tidak bingung nantinya saat ingin mengoperasikan kartu ATM.

Pengertian ATM

gambar ATM, cara menghambil uang di ATM

wmaraci.com

ATM merupakan sebuah alat elekronik modern yang digunakan untuk melayani nasabah atau konsumen dari suatu bank, secara otomatis ATM bisa menyimpan, mengambil, dan mentransfer uang yang masuk di rekening tabungan, tanpa harus didampingi dan dilayani oleh seorang karyawan bank.

ATM adalah singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri. Bila diartikan dalam bahasa inggris ATM disebut Automatic Teller machine. Biasanya hampir disetiap kantor-kantor bank di Indonesia memiliki mesin ATM.

Tidak hanya terdapat di bank saja, ATM juga sering ditempatkan di lokasi-lokasi yang strategis, seperti super market, mal, restoran, bandara ,stasiun, terminal, perempatan, pusat kota, dan lain sebagainya. Kartu ATM yang di keluarkan bank berisikan uang atau rekening tabungan yang dimiliki oleh penabung tersebut.

Pada umumnya ATM akan mengenakan biaya administrasi pengoprasian rekening dan biaya bulanan kartu ATM kepada nasabah yang menggunakanya. Pada umumnya biaya pengoprasian dan biaya bulanan kartu ATM merupakan kebijakan yang ditetapkan oleh masing-masing bank.

Untuk dapat menggunakan ATM diperlukan kartu ATM yang terbuat dari plastik dan kode PIN ( Personal Information Number) atau nomor informasi pribadi. PIN sangat berkaitan dengan kartu ATM. PIN sendiri terdiri dari angka-angka yang harus dirahasiakan oleh si pemilik kartu ATM.

Kegunaan ATM

cara mengambil uang di ATM

reclamatiibanci.ro

ATM sangat berguna untuk membantu nasabah dari suatu bank supaya dapat melakukan kegiatan transaksi. ATM juga dapat membantu kita untuk mendapatkan informasi-informasi perbankan secara elktronis dan otomatis.Jika kita menggunakan ATM, kita bisa mengakses kartu ATM dari bank yang kita gunakan supaya dapat melakukan penarikan uang tunai.

Kita juga bisa memeriksa saldo atau tabungan dari rekening ATM yang kita miliki.Seiring dengan perkembangan zaman sekarang ini, menu-menu di mesin yang disediakan ATM pun semakin banyak. Sehingga kita bisa melakukan transaksi lainnya melalui mesin ATM. Seperti membayar tagihan listrik, membeli produk, dan juga jasa.

Fungsi ATM

cara mengambil uang di ATM

katadata.co.id

Pada umumnya ATM memiliki beberapa fungsi khusus, diantaranya adalah sebagai berikut:

Dapat Mengoprasikan Uang Tunai 24 Jam

cara mengambil uang di ATM

linkedin.com

Fungsi utama dari ATM untuk menarik uang tunai. Nasabah bisa menarik uang tunai kapanpun dibutuhkan, karena mesin ATM akan selalu aktif selama 24 jam. Fungsi ATM yangn paling utama ini sangat dibutuhkan sekali, sebab ATM dapat memudahkan kita ketika sedang membutuhkan uang dengan segera.

ATM sekarang sudah banyak tersebar dimana-mana, jadi jika kita sangat membutuhkan penarikan uang tunai secara cepat, kita tidak perlu datang ke bank yang memiliki batas waktu operasional dan harus mengisi formulir terlebih dahulu, jumlahnya pun tidak sebanyak ATM.

Namun, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu adanya jumlah maksimal atau limit penarikan uang tunai melalui ATM yang berbeda-beda , sesuai dengan kebijakan dan ketetapan dari masing-masing bank tersebut.

Meski memiliki kelemahan, ATM tetaplah menjadi suatu pilihan yang terbaik di saat keadaan darurat, untuk menarik uang tunai dengan jumlah yang tidak terlalu banyak atau standar. Dibandingkan dengan bank yang perlu mengantri dan lama.

Dapat Menyetorkan Uang ke Rekening Tabungan

cara mengambil uang di ATM

preferredpayments.com

Fungsi yang kedua dari ATM yaitu dapat menyetor uang tunai ke dalam rekening tabungan nasabah. Selain dapat menyetor uang tunai, ATM juga dapat mengirimkan saldo atau uang tunai kepada rekening ATM milik orang lain.

Walaupu sudah banyak di terdapat di tempat-tampat umum, tidak semua jenis mesin ATM mempunyai fasilita yang sama, seperti dapat menyetor uang tunai ke rekening orang lain. Tetapi, ATM dapat memudahkan kita untuk menghemat waktu dibandingkan harus pergi ke kantor bank terlebih dahulu untuk menyetorkan uang.

• Dapat Mentransfer Uang Tunai

cara mengambil uang di ATM

ekonomiaonline.com

Fungsi yang ketiga dari ATM yaitu dapat memudahkan nasabah untuk mentransfer uang atau proses mengirimkan uang tunai. Mentransfer uang tunai tidak mesti harus dari nasabah bank yang sama, kita juga bisa mentransfer uang ke nasabah dari bank lain.

Sekarang ini sudah banyak orang yang menggunakan ATM sebagai alat transfer, terutama bagi orang yang sering berbelanja di online shop. Berbelanja di online shop melakukan transaksi pembayaran secara tidak langsung, biasanya kita harus membayar belanjaan dengan cara mentransfer uang tunai.

Dapat Membayar Tagihan

cara mengambil uang di ATM

aamarsakal.com

 

Fungsi yang keempat dari ATM yaitu dapat membayar uang tagihan rutin. Karena sekarang sudah ada ATM, jadi kita sekarang tidak perlu mendatangi loket pembayaran resmi. Salah satu contohnya seperti Ingin membayar tagihan bulanan listrik, kita tinggal membayarnya melalui ATM saja.

ATM sekarang memang sudah memiliki suatu fitur yang dapat memungkinkan kita untuk bisa membayar uang tagihan, Kita bisa membayarnya uang tagihan tersebut ke rekening perusahaan listrik atau PLN melalui ATM.

Dapat Membeli Suatu Produk

cara mengambil uang di ATM

exclusive.kz

 

Fungsi dari ATM yang selanjutnya adalah dapat membeli suatu produk. Bahkan, ATM bisa membeli atau membayar produk lain yang tidak ada hubungannya dengan dunia perbankan. Sekarang ini saudah banyak orang yang dapat membayar suatu produk melalui ATM.

Contoh pembelian produk di ATM seperti membeli pulsa, paket internet, tiket bioskop, tiket kereta, dan bahkan ada juga yang membeli tiket pesawat melalui ATM. Jadi sekarang ini sudah tidak heran lagi jika ada orang yang membeli pulsa dan tiket pesawat melalui ATM.

Cara Membuat Kartu ATM

cara memgambil uang di ATM

beautynesia.id

Bagi kalian yang ingin membuat ATM, tetapi masih belum tahu dan masih bingung dengan cara dan syarat membuat kartu ATM? Maka, kalian bisa pergi ke kantor bank, di mana kalian ingin membuat rekening tabungan bank tersebut.

Jika kalian sebelumnya tidak memiliki rekening tabungan , kalian bisa membawia syarat pembukaan rekening tabungan baru, persyaratan pembuatannya seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), dan persyaratan lainnya tergantung ketentuan dari masing-masing bank.

Bila kalian ingin membuat rekenig tabungannya di cabang kantor bank ,kalian bisa memfoto copy KTP, KK, dan kartu identitas lainnya. Tujuan memfoto copy kartu identitas kalian, yaitu untuk menghindari kalian supaya tidak repot ketika diminta untuk memfoto copy kartu identitas.

Kalian bisa menyiapkan uang tunai untuk setoran pertama setidaknya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh masing-masing bank. Setelah kalian selesai menyiapkan persyaratannya, kalian bisa datang ke bank atau kantor cabang yang di inginkan.

Biasanya bila datang di bank, kalian akan disambut hangat oleh seorang satpam untuk mengisi formulir dan mengambil nomor antrian. Biasanya isi dari formulirnya yaitu tentang identitas diri kita, contohnya seperti nama, alamat rumah, no telepon, pekerjaan,pendapatan per tahun, nama ibu kandung dan lain sebagainya.

Bia kalian sudah selesai mengisi formulir, kalian bisa duduk di bangku antrian yang telah disediakan oleh pihak bank, untuk menunggu panggilan pembuatan rekening..Ketika kalian sudah dipanggil di panggil,) Lalu kalian akan menghadap ke CS ( Customer Service) jika kalian ingin membuka rekening tabungan baru.

Kalian bisa membuat tabungan harian, karena tabungan harian merupakan jenis tabungan yang tidak terikat dengan jangka waktu, jumlah penyetoran, dan waktu penarikannya. Nantinya bunga bank dari tabungan yang kita buat dapat menutup biaya administrasi bulanan, agar saldo pokok dari tabungan tidak terpotong oleh biaya administrasi.

Berikutnya kalian ikuti saja apa yang diperintahkan oleh CS, bila kalian ada yang tidak paham, kalian bisa tanyakan saja langsung dengan CS. Kemudia CS akan mencetakan buku rekening tabungan dan kartu ATM, CS juga akan menaktifkan pin ATM milik kalian.

Pembuatan rekening tabungan dan ATM sudah selesai. Kalian pun sudah bisa memiliki dan mengakses tabungan dengan menggunakan kartu ATM.

Cara Mengambil Uang di ATM

cara mengambil uang di ATM

asahiseiko.com

Berikut ini merupakan cara mengambil uang di ATM dari masing-masing jenis rekening bank.

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

cara mengnambil uang di ATM

tirto.id     

Langkah-langkah mengambil uang di ATM BRI:

ATM BRI
  1. Langkah pertama, pastikanlah terlebih dahulu pecahan uang apa yang ingin kalian keluarkan, Rp.50.000 atau Rp.100.000.
  2. Kalian bisa pilih pecahan uang yang akan dikeluarkan oleh ATM, biasanya pada menu bagian atas mesin ATM.
  3. Kemudian, masukkanlah kartu ATM BRI milik kalian, ke dalam ATM BRI.
  4. Hati-hati kalian jangan sampai salah posisi ketika memasukan kartu ATM, Pastikan lambang BRI berada di posisi atas.
  5. Lalu pilihlah bahasa yang ingin kalian gunakan selama proses pengambilan uang.
  6. Nantinya, di layar ATM akan muncul tips aman bertransaksi di ATM, kalian bisa pilih lanjutkan.
  7. Selanjutnya yaitu masukkan pin ATM kalian sebanyak 6 digit.
  8. Perlu diperhatikan, kalian Jangan sampai salah memasukan pin sebanyak 3 kali, karena Jika kalian sampai salah sebanyak 3 kali maka kemungkinan kartu ATM kalian akan terblokir.
  9. Lalu di layar ATM akan muncul tampilan nominal angka dalam rupiah yang ingin kalian tarik.
  10. Jika jumlah nominal yang kalian inginkan ada di daftarnya, kalian tinggal menekannya saja.
  11. Namun, jika tidak ada didaftarnya kalian pilih transaksi lainnya, lalu pilihlah penarikan tunai dan masukkan nominal uang uang yang ingin ditarik.
  12. Setelah itu akan muncul nominal kalian pilih, bila iya tekan benar dan bila salah maka tekan salah, lalu masukkan lagi nominalnya.
  13. Jika transaksi kalian berhasil, maka uang yang kalian tarik akan keluar beserta resinya.
  14. Terakhir, kalian akan melihat tulisan di layar ATM, apakah kalian ingin bertransaksi lagi atau tidak, jika kalian pilih tidak, maka kartu ATM kalian akan keluar secara otomatis.
  15. Pastikan sebelum keluar dari ATM, uang dan kartu ATM kalian sudah masuk ke dalam saku atau dompet.

Cara Mengambil Uang di ATM BNI

cara mengambil uang di ATM

senayanpost.com

Langkah-langkah mengambil uang di ATM BNI :

ATM BNI

  1. Langkah pertama, pastikan terlebih dahulu pecahan uang apa yang ingin kalian keluarkan. Rp.50.000 atau Rp. 100.000.
  2. Kalian bisa pecahan uang yang akan dikeluarkan oleh ATM, biasanya pada bagian menu atas mesin ATM.
  3. Kemudian, masukkan kartu ATM BNI milik kalian, ke dalam ATM BNI.
  4. Pastikan lambang BNI berada di posisi yang benar, yaitu posisi atas.
  5. Lalu pilih bahasa yang ingin kalian gunakan selama proses pengambilan uang.
  6. Selanjutnya masukkan pin ATM kalian sebanyak 6 digit.
  7. Perlu diperhatikan,kalian Jangan sampai salah memasukan pin sebanyak 3 kali, karena jika kalian salah sebanyak 3 kali, maka kartu ATM kalian akan terblokir.
  8. Lalu dilayar ATM akan muncul tampilan nominal angka dalam rupiah yang akan kalian tarik.
  9. Jika jumlah nominal yang kalian inginkan ada didaftarnya, kalian tinggal menekannya saja.
  10. Setelah itu, akan muncul nominal yang kalian pilih, bila iya tekan benar dan bila salah tekan salah, lalu masukkan lagi nominalnya.
  11. Kemudian, kalian Pilih Rekening tabungan.
  12. Jika transaksi berhasil, maka uang yang kalian tarik akan keluar beserta resinya.
  13. Terakhir akan muncul tulisan, kalian akan melihat tulisan melanjutkan transaksi lain? Jika kalian memilih tidak, maka kartu ATM akan keluar secara otomatis.
  14. Pastikan sebelum keluar dari ATM, uang dan kartu ATM kalian sudah masuk ke dalam saku atau dompet.

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

cara mengambil uang di ATM

mallalamsutera.com

Langkah-langkah mengambil uang di ATM Mandiri :

ATM Mandiri
  1. Langkah pertama, pastikan terlebih dahulu pecahan uang apa yang akan kalian keluarkan, Rp.50.000 atau Rp. 100.000.
  2. Kalian bisa pilihi pecahan uang yang dikeluarkan oleh ATM, biasanya pada bagian menu atas mesin ATM.
  3. Kemudian, masukkan kartu ATM Mandiri kalian, ke dalam ATM Mandiri. Pastikan lambang Mandiri berada di posisi atas.
  4. Lalu pilih bahasa yang ingin digunakan selama proses pengambilan uang.
  5. Selanjutnya masukkan pin ATM kaian sebanyak 6 digit, kalian jangan sampai salah memasukan pin sebanyak 3 kali.
  6. Jika salah sampai 3 kali maka kartu ATM kalian akan terblokir.
  7. Lalu di layar ATM akan muncul tampilan nominal angka dalam rupiah yang ingin kalian tarik.
  8. Jika jumlah nominal uang yang kalian inginkan ada di daftarnya, maka kalian tinggal menekannya saja.
  9. Jika tidak kalian bisa pilih transaksi lainnya, kalian tinggal masukkan nominalnya.
  10. Setelah itu, akan muncul nominal yang kalian pilih.
  11. Jika transaksi berhasil, maka uang akan keluar beserta resinya.
  12. Terakhir, kalian akan melihat tulisan di layar ATM, yaitu untuk melanjutkan transaksi lain? jika kalian memilih tidak, maka kartu ATM akan keluar secara otomatis.
  13. Pastikan sebelum keluar dari ATM, uang dan kartu ATM kalian sudah masuk ke dalam saku atau dompet.

• Cara Mengambil Uang di ATM BCA

cara mengambil uang di ATM

tempo.co

Langkah-langkah mengambil uang di ATM BCA :

ATM BCA
  1. Langkah pertama ,pastikan terlebih dahulu bahwa kalian mengambil uang di ATM tarik tunai. Karena, pada ATM BCA terdapat juga tarik non tunai. Kalian bisa lihat di bagian atas mesin ATM.
  2. Langkah selanjutnya, pastikan terlebih dahulu pecahan uang apa yang ingin kalian keluarkan. Rp.50.000 atau Rp.100.000.
  3. Kemudian,masukkan kartu ATM BCA milik kalian, ke dalam ATM BCA.
  4. Pada saat memasukan kartu, pastikan lambang BCA berada di posisi atas.
  5. Selanjutnya yaitu masukan pin ATM kalian sebanyak 6 digit.
  6. Jangan sampai salah memasukkan pin sebanyak 3 kali, Karena Jika salah memasukkan pin sampai 3 kali, maka kartu ATM kalian akan terblokir.
  7. Setelah itu, akan muncul nominal angka dalam rupiah yang ingin kalian tarik.
  8. Bila jumlah nominal yang kalian pilih ada, maka kalian tekan saja. Namun, Jika tidak ada didaftar kalian pilih transaksi lainnya.
  9. Lalu kalian pilih penarikan tunai dan masukkan nominalnya.
  10. Kemudian akan muncul nominal yang kalian pilih. Bila iya tekan benar dan bila salah tekan Salah, lalu masukkan lagi nominalnya.
  11. Jika transaksi kalian berhasil, maka uang kalian akan keluar beserta resinya.
  12. Terakhir, kalian akan melihat tulisan di layar ATM, apakah kalian ingin bertransaksi lagi atau tidak. Jika tidak maka kartu ATM kalian akan keluar secara otomatis.
  13. Sebelum kalian keluar dari ATM pastikan keadaan aman, uang dan kartu ATM kalian sudah dimasukkan kedalam saku atau dompet.

Cara Mengambil Uang di ATM CIMB Niaga

cara mengambil uang di ATM

side.id

Langkah-langkah mengambil uang di ATM CIMB Niaga :

ATM CIMB Niaga
  1. Langkah pertama, pastikan terlebih dahulu pecahan uang apa yang ingin kalian keluarkan. Kalian bisa pilih antara Rp.50.000 atau Rp. 100.000.
  2. Kemudian, masukkan kartu CIMB Niaga kalian.
  3. Perlu diperhatikan ketika memasukkan kartu ATM, pastikan lambang CIMB Niaga berada di posisi atas.
  4. Lalu pilihlah bahasa yang ingin kalian gunakan selama proses pengambilan uang.
  5. Selanjutnya, masukkan pin ATM kalian sebanyak 6 digit.
  6. Jangan sampai salah memasukkan pin sebanyak 3 kali, karena jika kalian salah memasukkan pin sebanyak 3 kali, bisa dipastikan kartu ATM kalian akan diblokir.
  7. Lalu akan muncul jumlah nominal angka, bila jumlah nominal yang kalian pilih di daftar,kalian tinggal menekannya saja.
  8. Namun jika nominal yang kalian pilih tidak ada di daftar, kalian tinggal pilih transaksi lainnya.
  9. Jika transaksi berhasil, maka uang yang kalian tarik akan keluar beserta resinya.
  10. Terakhir bila kalian tidak ingin bertransaksi lagi, kalian pilih tidak maka artu ATM kalian pun akan keluar secara otomatis.
  11. Sebelum kalian keluar dari ATM pastikan terlebih dahulu keadaan aman, uang dan kartu ATM kalian juga sudah disimpan.

• Cara Mengambil Uang di ATM Bersama

cara mengambil uang di ATM

merdeka.com

Lankah-langkah mengambil uang di ATM Bersama :

ATM Bersama
  1. Perlu kalian perhatikan, bahwa tidak semua kartu ATM bisa diakses dengan mesin ATM bersama.
  2. Kalian bisa cek kartu ATM yang akan digunakan, dengan melihat logo ATM Bersama.
  3. Jika di kartu ATM kalian ada, maka kalian pun bisa menggunakan fasilitas ATM bersama.
  4. Selanjutnya yaitu dengan memastikan mesin ATM-nya, pastikan juga terdapat logo ATM bersama di mesin ATM.
  5. Setelah itu kalian pun bisa bertransaksi seperti mengambil uang tunai di ATM yang lainnya.

Nah teman-teman begitulah cara mengambil uang di ATM yang benar dan aman, bisa dipastikan setelah membaca artikel ini kalian semua bisa mengakses kartu ATM dengan lancar tanpa ada kendala apapun. Sekian dari saya semoga bermanfaat dan terimakasih!!!.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.