Indahnya Panorama Gunung Seminung dan Danau Ranau

Assalamualaikum wr.wb

Halo teman-teman semua apa  kabar? berjumpa lagi dengan saya Mustopa. Pada kali ini saya akan membahas tentang keindahan panorama yang dimiliki oleh Gunung Seminung dan Danau Ranau.

Gunung Seminung dan Danau Ranau

Gambar terkait

triptrus.com

 

Khususnya bagi masyarakat Lampung dan Sumatra Selatan.  Mungkin sudah tidak asing lagi dengan objek wisata yang populer dikunjungi wisatawan, yaitu Gunung seminung dan Danau Ranau.

Pemandangannya yang sangat memukau, di tambah lagi dengan perpaduan antara Gunung Seminung dan Danau Ranau. Menambahkan keindahan khas bak seperti “Primadona “.

Karena keindahan panorama yang dimiliki Gunung seminung dan Danau Ranau, menjadi tempat wisata andalan oleh masyarakat Lampung dan Sumatera Selatan.

Biasanya para pengunjung ramai yang datang ketika liburan sekolah dan saat merayakan lebaran Idul Fitri. Selain hari libur dan lebaran, biasanya pengunjung pun masih banyak yang datang terutama yang dari luar daerah.

Menurut kepercayaan masyarakat Lampung dan Sumatera Selatan, di sanalah tempat beredarnya cerita yang melegenda yaitu si Pahit Lidah. Juga tempat awal mula terbentuknya suku daya di Sumatera.

1.Gunung Seminung

Hasil gambar untuk gambar gunung seminung

okaavontur.com

Gunung Seminung Merupakan gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih 1.881 Meter atau 6.171 kaki. Gunung ini terletak di antara provinsi Lampung dan provinsi Sumatera Selatan.

Gunung Seminung adalah gunung antar-provinsi. Gunung ini berada di sebelah barat dari Kota Liwa dengan jarak kurang lebih 25 kilometer. Waktu tempuh dari Kota Liwa kurang lebih 1 jam.

Gunung ini sudah tidak aktif lagi dan terakhir kali meletus sekitar 55 ribu tahun lalu. Letusan tersebut menjadi penyebab terciptanya danau yang terkenal yaitu Danau Ranau.

Bagi para penggemar wisata utamanya yang gemar mendaki gunung, salah satu objek wisata alam yang tidak boleh dilewatkan adalah Gunung Seminung. Lokasinya terletak di Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Hasil gambar untuk foto pendakian gunung seminung

pesonawisataindonesia.com

Dalam beberapa tahun terakhir Gunung Seminung tidak hanya jadi objek pendakian bagi para pecinta alam dan masyarakat setempat. Tapi juga para penikmat wisata dari luar daerah. Tidak heran apabila setiap hari selalu ada wisatawan yang mendaki gunung ini terlebih pada saat musim liburan.

Gunung ini tidak hanya menawarkan aktivitas petualangan saja. Melainkan juga memanjakan mata setiap pendaki melalui pemandangan alam di sekelilingnya. Bahkan, keindahan tersebut sudah tersuguh saat akan mengawali pendakian.

Pendakian Gunung Seminung

danau ranau dan gunung seminung

gaberro.com

Bagi wisatawan yang ingin mendaki sebaiknya persiapkan kesehatan dan perlengkapan yang memadai. Sebelum mendaki pastikan terlebih dahulu tubuh harus dalam keadaan bugar, itu demi keselamatan dan keamanan.

Wisatawan yang berniat untuk mendaki Gunung Seminung, harus terlebih dahulu naik kapal untuk menyeberangi Danau Ranau. Setelah itu tiba pada suatu sumber air panas yang terletak di pinggir danau atau di kaki gunung.

Sesudah sampai di sumber air panas penyeberangan dermaga Danau Ranau menuju kaki gunung seminung, sejak dari sinilah para pendaki memulai untuk mendaki Gunung Seminung.

Butuh waktu sekitar 4 atau 5 jam untuk mendaki dari kaki gunung hingga sampai di puncak. Lama pendakian tersebut ditentukan oleh kondisi fisik pendaki serta kondisi medan dan cuaca pada saat pendakian.

Pada saat di perjalana, pendaki akan melewati perkebunan kopi, lada, coklat, jambu dan alpukat. Sehingga sebagian dari medan yang harus dilewati memberikan suasana yang teduh.

Hasil gambar untuk foto pendakian gunung seminung

cdninstagram.com

Sebelum mendaki di medan yang ekstrim dengan kondisi menanjak dan tingkat kemiringan yang curam, pendaki akan menjumpai sebuah musholla untuk beribadah. Di dekat musholla inilah terdapat plank pintu rimba yang merupakan gerbang masuk jalur pendakian.

Selama melewati medan yang ekstrim, pendaki akan menjumpai tong-tong sampah yang telah disiapkan oleh para pecinta alam. Selain itu pendaki juga akan melewati kawasan hutan tropis. Kondisi jalannya selain curam juga licin, dan cukup menguras tenaga.

Puncak Gunung Seminung

danau ranau dan gunung seminung

gaberro.com

Sampai di Puncak Gunung Seminung, rasa lelah pendaki akan langsung terbayar. Saat melihat indahnya pemandangan yang bisa dinikmati dari atas puncak gunung. Di atas savana yang luasnya sekitar 100 Meter persegi.

Siapa sangka pemandangan yang disajikan dari puncak gunung ini bisa membuat mata terpukau. Pemandangan danau ranau yang berada di kaki gunung seakan-akan berbentuk bulan sabit.

Selain itu juga, dapat disaksikan pula keindahan hamparan hutan yang hijau oleh pepohonan, area persawahan dan Gunung Pesagi yang menjulang tinggi di kejauhan. Suasananya benar-benar terasa menghanyutkan, pendaki juga bisa menemukan bunga edelwis yang hanya ada di gunung seminung saja.

2. Danau Ranau

Gambar terkait

garudanews.id

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua yang ada di Sumatera setelah Danau Toba. Danau ini memiliki luas kurang lebih sekitar 125,9 km. Lokasi Danau Ranau berada di perbatasan Kabupaten Lampung Barat, Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan,

Ternyata danau ini juga dikelilingi perbukitan dan lembah. Untuk bisa sampai ke lokasi Danau Ranau, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 330 KM atau 8,5 jam perjalanan darat dari Kota Bandar Lampung.

Danau Ranau sekarang ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Lampung dan provinsi tetanggal yakni Sumatera Selatan. Pengunjung bisa menyusuri danau dengan perahu yang telah disiapkan.

Gambar terkait

cektravel.info

Danau Ranau juga sudah ada berbagai wahana permainan baru seperti Jet Ski, Banana Boat, dan wisata air lainnya yang dapat dinikmati bersama keluarga dan sahabat. Di sana sangat tepat sebagai area untuk berfoto-foto.

Tempat Makan 

Hasil gambar untuk gambar TEMPAT MAKAN DANAU RANAU

blogspot.com

Saat perut pengunjung mulai keroncongan setelah mengelilingi Danau Ranau dan menikmati wisata air, pengunjung dapat dengan mudah menemukan tempat makan di sekeliling danau.

Di pinggir danau sudah banyak rumah makan. Salah satu menu andalan di sana adalah daging Ikan Mujair khas yang hidup di Danau Ranau, tentunya rasa ikan ini sangat berbeda dari Ikan Mujair yang ada di tempat lainnya, dan tidak akan ditemukan selain di Danau Ranau.

Untuk menambah kesegaran, cukup memesan jus alpukat yang segar dan nikmat sebagai teman makan siang. Alpukat merupakan buah segar yang menjadi salah satu penghasilan warga sekitar dan menjadi oleh-oleh dari Lampung dan Oku Selatan selain gula aren.

Bila pengunjung ingin mencari oleh-oleh, di sana juga banyak kerajinan tangan yang di buat oleh masyarakat Lampung dan Oku Selatan, yang dijual di sekeliling danau.

Selain itu pengunjung bisa membeli buah alpukat dan gula aren murni, sebagai buah tangan. Pengunjung juga bisa membawa Ikan Mujair khas Danau Ranau karena ikan ini rasanya manis dan beda dengan ikan lainnya.

Penginapan

Gambar terkait

blogspot.com

Agar dapat menikmati indahnya pesona alam di Danau Ranau dan tidak menyesal saat pulang sebelum menjalani aktivitas sehari-hari, pengunjung memang sebaiknya harus menginap di hotel sebagai penyempurna liburan yang menakjubkan.

Di area sekeliling Danau Ranau sudah terdapat banyak hotel yang  berkapasitas lumayan mewah. ketika disore hari pengunjung bisa menikmati indahnya senja, ditambah lagi dengan embun dipagi hari membuat panorama di Gunung Seminung dan Danau Ranau sangat mempesona.

Nah, teman-teman itulah tadi keindahan panorama yang dimiliki oleh Gunung Seminung dan Danau Ranau. Tempat ini sangat cocok tentunya untuk mengisi hari liburan kalian.

Sekian dan terima kasih.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.