15 + Jenis-Jenis Seni Rupa yang Harus kalian Ketahui!

Jenis-jenins seni rupa. Apakah kalian tahu apa itu yang dimaksud dengan seni rupa beserta jenis-jenisnya? Mungkin tidak semua orang Indonesia tahu dan paham dengan seni rupa, begitu pula dengan jenis-jenisnya.

Sekarang ini dunia seni sudah banyak mengalami perubahan. Walaupun begitu, masih banyak orang yang tidak tahu tentang karya seni, sebab yang mereka tahu hanyalah menikmati hasil dari karya seni tersebut.

Nah, bagi kalian yang belum paham dengan karya seni, khususnya seni rupa? di bawah ini akan saya jelaskan apa yang dimaksud dengan seni rupa beserta jenis-jenisnya.

Seni Rupa

seni, kreatif, kreativitas

Seni rupa adalah sebuah cabang kesenian yang bertujuan untuk membentuk suatu objek karya seni dengan menggunakan media-media yang dapat ditangkap secara kasat mata dan juga dapat dirasakan dan di sentuh oleh indera peraba.

Seni rupa juga merupaka suatu kreasi yang diciptakan dengan megindahkan kualitas, hasil, ekspresi, alam keindahan, segala yang melebihi keasliannya, dan penyusunan dari objek-objek terhadap penilaian tertentu yang diciptakan menjadi suatu susunan. Sehingga hasul dari karya seni tersebut dapat dinikmati.

Dalam melukis harus menggunakan teknik yang baik. hal ini sangat penting, supaya hasil yang diciptakan dapat maksimal. Teknik dalam melukis juga bermacam-macam, mungkin hampir semua orang memeliki teknik melukis tersendiri, hanya saja bakat tersebut kurang dikembangkan.

Jenis-Jenis Seni Rupa Secara Umum

Ornamen Tergantung untuk Dijual di Pasar

Banyak sekali jenis-jenis seni rupa yang ada di dunia ini. Berdasarkan jenisnya secara umun seni rupa dibagi menjadi 8 bagian. Berikut merupakan jenis-jenis dari seni rupa secara umum :

  • Seni Lukis  

Peralatan Artwork Peralatan Warna-warni

Seni lukis adalah jenis seni rupa yang memiliki makna dari kata melukis dengan sebuah hasil karya yang lebih utama dan lebih menyatu dari seni menggambar. Seni lukis merupakan salah satu jenis seni yang hanya dinikmati keindahanya saja.

Kegiatan melukis biasanya sering digunakan untuk mengerjakan sebuah media dengan bentuk dua dimensi yang berasal dari suatu objek tertentu. Biasanya media yang digunakan untuk bahan melukis bentuknya bebas, seperti papan, kertas, kanvas, cat lukis, pensil lukis, dan lain sebagainya.

  • Seni Grafis

seni, bola, berbentuk bola

Seni grafis adalah jenis seni rupa yang proses pembuatannya dengan menggunakan teknik cetak. Seni grafis biasanya dibuat dengan bentuk tulisan, gambar, dan juga lukisan dengan cara digosok atau disadap di atas kertas.

Seni grafis juga merupakan salah satu jenis karya seni rupa murni yang bentuknya dua dimensi. Menurut ahlinya, seni grafis dibagi menjadi lima jenis, yaitu cetak foto, cetak dalam, cetak datar, cetak tinggi, dan juga cetak saring atau sablon.

“Kalian wajib baca ini: Cara membuat kerajinan tangan

  • Seni Reklame

Lampu jalan

Seni reklame adalah jenis seni rupa yang menggunakan barang, produk, atau jasa yang dibuat dengan gaya yang menarik untuk dipromosikan. Sehingga dari gaya tersebut dapat meninggkatkan daya tarik bagi konsumen untuk membeli atau membayar sesuatu yang ditawarkan oleh reklame tersebut.

Seni reklame memiliki nilai tersendiri yang dapat di tuangkan dengan ungkapan kata atau kalimat, gambar, grafis, dan desain. contohnya seperti stiker, logo, advertensi, pamflet, spanduk, poster, brosur, katalogus, baleho, etalase, cut out display, neon lamp, dan neon box.

  • Seni Kriya

abstrak, kuno, antik

Dilihat dari benda-benda temuan sejak zaman Batu Muda, seni kriya merupakan seni yang telah ada sejak zaman prasejarah. Seni kriya adalah jenis seni rupa yang dibuat dengan menggunakan suatu hasil dari keterampilan tangan, dengan memperhatikan segi fungsionalnya dan keindahannya dalam artian memiliki kebutuhan fisik dan juga kebutuhan emosionalnya.

Seni kriya termasuk kedalam jenis karya seni rupa terapan nusantara. Seni kriya sangat identik dengan perkembangan dari seni kerajinan, karena ketika dilihat dari segi pembuatannya, seni kriya dibuat dengan menggunakan tangan atau masuk ke dalam kerajinan tangan.

  • Seni Ilustrasi

Lukisan abstrak berwarna-warni

Seni Ilustrasi adalah jenis seni rupa yang dibuat dari hasil visualisasi yang berasal dari suatu tulisan dengan menggunakan teknik berupa gambar, lukis, fotograsi, dan lain sebagainnya. Biasanya seni ilutrasi digunakan sebagai penjelas supaya si pembaca lebih mudah memahami pesan dan informasi yang di sajikan.

Seni ilustrasi juga merupakan salah satu contoh dari seni rupa terapan. Seni Ilustrasi biasanya sangat mudah kita jumpai di mana saja dalam kehidupan sehari-hari, contohnya buku, cerpen, cergam, majalah, cover, komik, dan lain sebagainnya.

  • Seni Patung dan Ukir

Dekorasi Kolam Dolphin Berwarna Abu-abu dan Logam Kuningan

Seni patung merupakan jenis seni rupa yang dibuat untuk menghasilkan karya yang berwujud tiga dimensi. Seni patung atau ukir biasanya diciptakan dengan cara di ukir atau di pahat, di cetak, dan modeling di bentuk dengan menggunakan bahan dari tanah liat.

Hasil dari seni patung atau ukir ini sekarang sangatlah beragam, karena adanya hasil-hasil karya seni yang berupa ciptaan seni patung modern, seiring dengan perkembangan zaman sekarang ini. Bahkan bahan-bahan, teknik, dan bentuknya pun sudah banyak yang baru, searah dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini.

  • Seni Arsitektur

Pria Memakai Topi Putih Keras Bersandar di Meja Dengan Sketsa Rencana

Seni arsitektur merupakan jenis seni rupa yang dibuat dengan menggunakan ilmu untuk merancang suatu bangunan, seni arsitektur biasanya  menggunakan imajinasi seseorang supaya memeberikan bentuk pada suatu bangunan tersebut seperti, rumah, kantor, gedung-gudang, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui, dalam dunia arsitektur seorang seniman biasanya merancang sebuah pembangunan lingkungan mulai dalam lingkup kecil (mikro) seperti desain bangunan, produk, dan parabot hingga dalam lingkup besar (makro) seperti perencanaan arsitektur lanskap, kota, dan perkotaan atau taman kota.

  • Seni Dekorasi

Lampu Tali Ungu dan Lampu Dengan Gorden

Seni Dekorasi merupakan jenis seni rupa yang dibuat untuk menghias dan memperindah suatu benda, tempat bangunan, serta objek-objek lainnya. Pembuatan seni dokarasi bertujuan untuk menciptakan suasana yang sesuai dengan keadaan melalui perantara hiasan, bunga, parabot, dan lain sebagainya.

Dalam sebuah bidang desain diartikan bahwa seni dekorasi merupakan penataan parabot dan perlengkapan lainnya yang serasi dan menarik bila dilihat. Karya seni dekorasi biasanya sering kita jumpai diacara pernikahan, pertunjukan, festival, pameran, dan acara-acara lainnya.

Berdasarkan Masa dan Waktunya

Berdasarkan masa dan waktunya seni rupa dibagi menjadi 3 bagian, diantaranya sebagai berikut.

  • Seni Rupa Tradisional

abstrak, seni, artistik

Seni rupa tradisional merupakan seni yang dibuat dengan menggunakan aturan yang kuat atau pola tertentu. Seni ini diciptakan secara terus-menerus menyerupai wujud aslinya dan tidak boleh dirubah.

“Kalian wajib baca ini: Cara membuat gantungan kunci

  • Seni Rupa Modern

Lukisan Seni di Dinding

Seni rupa modern merupakan seni yang dibuat berdasarkan hasil kreativitas pembuatnya, yaitu dalam menciptakan sebuah karya seni yang belum pernah dibuat dan belum pernah ada sebelumnya.

  • Seni Rupa Kontemporer

Wallpaper 4k, arsitektur, seni

Seni rupa kontemporer merupakan seni yang dibuat berdasarkan beberapa unsur yang yang tidak dapat terlepas dari lingkungan sekitar, tempat, dan waktu. Biasanya prosesnya sangat dipengaruhi oleh waktu di mana pada saat karya seni itu dibuat.

Berdasarkan Dimensi dan Wujudnya

Berdasarkan dimensi dan wujudnya seni rupa dibagi menjadi 2 bagian, diantaranya sebagai berikut :

  • Seni Rupa 2 Dimensi

dewasa, seni, artis

Seni rupa 2 dimensi merupakan seni yang wujudnya hanya terdiri dari 2 dimensi saja, yaitu dimensi panjang dan lebar. Contoh seni rupa 2 dimensi yaitu lukisan, gambar, sketsa, kaligrafi, batik, fotografi, dan lain sebagainya.

  • Seni Rupa 3 Dimensi

arsitektur, teluk, langit biru

Seni rupa 3 dimensi merupakan seni yang wujudnya terdiri dari 3 dimensi, yaitu dimensi panjang, dimensi lebar, dan volume. Contoh seni rupa 3 dimensi yaitu patung, instalasi, seni arsitektur seperti bangunan, dan lain sebagainya.

Berdasarkan Fungsi

Berdasarkan fungsinya seni rupa dibagi menjadi 2 bagian, diantaranya sebagai berikut:

  • Seni Rupa Murni

Seni Graffiti di Beton Blok Dinding

Seni rupa murni merupakan seni yang lebih mengutamakan nilai estetika dibandingkan dengan seni nilai gunanya. Seni rupa ini dibuat dengan tujuan untuk memuaskan hati si pencipta saja dan dinikmati dari segi keindahannya saja.

“Kalian wajib baca ini: Kreasi dari stik es krim

  • Seni Rupa Terapan

mangkuk, kayu berukir, dari dekat

Seni rupa terapan merupakan seni yang lebih mengutamakan nilai guna dibandingkan dengan nilai estetikannya. Tujuannya yaitu untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, itulah pengertian tentang seni rupa besera jenis-jenisnya, semoga apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sekian dari saya dan terima kasih!!!

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.