54 + Jenis dan Nama-Nama bank di Indonesia Terlengkap!

Nama-nama bank di Indonesia. Di zaman modern sekarang ini ada banyak sekali jenis-jenis bank yang menyebar luas di daerah-daerah yang terletak di Indonesia. Cabang dari bank-bank yang ada di Indonesia tidak hanya terdapat di daerah perkotaan saja, namun kita juga dapat menjumpai cabang dari bank-bank tersebut di daerah pedesaan.

Mungkin teman-teman semua ada yang tidak tahu macam-macam bank di Indonesia, dan juga ada berapa banyakah bank-bank yang ada di Indonesia. Untuk itu akan saya jelaskan macam-macam bank yang ada di Indonesia , supaya nantinya bisa tahu ada berapa banyak jenis-jenis bank yang terdapat di Indonesia.

Pengertian Bank

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

pexels.com

Secara istilah benk berasal dari bahasa italia, yaitu Banco yang berarti bangku. Kenapa bank diartikan sebagai bangku? Karena bangku sendiri berkaitan dengan meja yang digunakan oleh para banker untuk melakukan suatu kegiatan yang operasional dengan cara melayani masyarakat atau nasabah. Seiring dengan perkembangan zaman, istilah bangku pun semakin berkembang sehingga menjadi kata bank.

Bank adalah suatu badan usaha yang bekerja di bidang keuangan dengan cara menarik dan mengeluarkan uang tunai dalam masyarakat. Kita juga bisa bertransaksi dengan cara mengambil uang di ATM yang sudah di sediakan oleh masing-masing bank. Dimana bank tersebut merupakan tempat yang menyediakan tabungan bagi orang yang ingin menabung atau juga yang sering disebut dengan nasabah, yang paling utama yaitu untuk memberikan kredit dan jasa dalam jalannya pembayaran dan peredaran uang.

Bank juga merupakan salah satu definisi umum yang melakukan kegiatan-kegiatan secara konvensional atau secara syariah, yaitu dengan cara melakukan kegiatan seperti memberikan jasa keuangan dalam dana lintas atau jalannya pembayaran. Cara menabung di bank pun berbeda-beda, karena tidak semua bank memiliki kriteria yang sama. Lembaga dari suatu bank sering digunakan sebagai salah satu sumber keuangan dengan pihak-pihak yang memiliki kelebihan dana dan pihak-pihak yang memuat dana, bahkan juga sebagai suatu lembaga yang mempertemukan member-member lintas pembayaran.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa bank adalah lembaga intermediasi keuangan yang bertugas untuk menghimpun dan menyalurkan dana di dalam kehidupan masyarakat, yaitu untuk meningkatkan kebutuhan dan keperluan taraf hidup masyarakat. Lain halnya dengan perbankan, yaitu segala sesuatu yang sangat berkaitan atau berhubungan tentang bank. Bank biasanya sering melakukan pengumpulan dana yang berasal dari masyarakat melalui simpanan atau tabungan, penyaluran dana juga dilakukan melalui kredit atau pinjaman kepada masyarakat.

Tujuan dibuatnya bank

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di Indonesia

pexels.com

Tujuan dibuatnya bank secara umum adalah untuk membantu pelaksanaan pembangunan nasional.  Yaitu demi terwujudnya pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan juga peningkatan kesejahteraan dalam kehidupan masyarakat. Pada dasarnya, suatu kegiatan seperti perekonomian dan pembangunan yang ada di Indonesia sangatlah erat hubungannya dengan perbankan.

“Kalian wajib baca ini: Cara mengambil uang di ATM

Jenis dan Nama-Nama Bank di Indonesia 

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

pexels.com

Dalam suatu bank pasti memiliki suatu fungsi yang sama, contohnya seperti cara membuat mobil banking yang dilakukan di bank. Bank di Indonesia dibagi menjadi beberapa jenis yang diklasifikasikan berdasarkan beberapa aspek, diantaranya jenis bank berdasarkan fungsinya, berdasarkan kepemilikannya, berdasarkan statusnya, berdasarkan kegiatan operasionalnya, berdasarkan bentuk badan usahanya hingga jenis bank menurut organisasinya

· Jenis-Jenis Bank Berdasarkan Fungsinya

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

pexels.com

Berikut ini merupakan jenis-jenis bank berdasarkan fungsinya :

1. Bank Sentral

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

pakarinvestasi.com

Bank sentral adalah suatu bank yang memiliki instansi untuk bertanggung jawab dengan kebijakan moneter yang ada di negara tersebut. Kegiatan yang dilakukan oleh bank sentral  yaitu untuk menjaga kestabilan dari nilai mata uang terhadap barang dan jasa, kestabilan terhadap mata uang negara lain, kestabilan terhadap nilai rupiah, sektor perbankan, dan sistem finansial dengan keseluruhan.

Bank sentral juga di dukung oleh tiga pilar yang merupakan tiga bagian dari tugasnya, yaitu menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta mengatur dan mengawasi perbankan yang ada di Indonesia. Salah satu contoh dari bank sentral adalah Bank Indonesia (BI).

2. Bank Umum

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

perpuskampus.com

Bank umum adalah suatu bank yang melaksanakan sebuah usaha secara konvensional yang berdasarkan dengan prinsip syariah. Bank umum memiliki kegiatannya yang berfungsi untuk memberikan jasa yang bersifat secara umum dalam lalu lintas pembayaran. Bank umum bisa diartikan sebagai bank yang dapat memberikan seluruh jasa perbankan yang ada, dengan wilayah operasinya yang dapat dilakukan di seluruh daerah di Indonesia. Bank umum juga sering disebut dengan bank komersil.

Berikut ini merupakan fungsi-fungsi dari bank umum :

  1. Dapat menghimpun dana yang berasal dari masyarakat dengan bentuk simpanan.
  2. Dapat menyalurkan dana kepada masyarakat dengan bentuk pinjaman.
  3. Dapat menerbitkan uang dengan melalui pembayaran kredit dan investasi.
  4. Dapat menawarkan berbagai jenis jasa keuangan seperti kartu kredit, cek perjalanan, ATM, transfer uang antar bank, dan lain sebagainya.
  5. Dapat menyediakan fasilitas yang digunakan untuk perdagangan antar negara atau internasional.
  6. Dapat melayani penyimpanan untuk barang yang berharga.

3. Bank Perkreditan Rakyat

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

akuntansilengkap.com

Bank perkreditan rakyat adalah salah satu jenis bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah, yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

Berikut ini merupakan fungsi-fungsi dari bank perkreditan rakyat :

  1. Dapat menghimpun dana yang berasal dari masyarakat dengan bentuk simpanan yang berupa deposito berjangka, tabungan, dan juga bentuk lainnya.
  2. Dapat memberikan pinjaman atau kredit.
  3. Dapat menyediakan suatu pembiayaan dan penempatan dana berdasarkan berdasarkan Prinsip Syariah,sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia.
  4. Dapat menempatkan suatu dana dengan bentuk Sertifikat Bank Indonesia, deposito berjangka, sertifikat deposito, dan juga tabungan pada bank-bank yang lainnya.

“Kalian wajib baca ini: Cara menabung di bank

· Jenis-Jenis Bank Berdasarkan Kepemilikannya

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

pexels.com

Berikut ini merupakan jenis-jenis bank berdasarkan kepemilikannya :

1. Bank Milik Pemerintah

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

economy.okezone.com

Bank milik pemerintah adalah bank yang sahamnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia secara keseluruhan atau sebagian.

Berikut ini merupakan 4 contoh dari bank milik pemerintah :

  1. Bank Mandiri.
  2. Bank Negara Indonesia (BNI).
  3. Bank Rakyat Indonesia (BRI).
  4. Bank Tabungan Negara (BTN).

2. Bank Milik Swasta Nasional

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

gaweanomah.com

Bank milik swasta nasional adalah bank yang saham dan akta pendiriannya dimiliki oleh swasta nasional. Bank swasta dibedakan menjadi 2 bagian yaitu bank swasta nasional devisa dan bank swasta nasional non-devisa.

Berikut ini merupakan contoh dari bank milik swasta nasional :

  1. Bank Muamalat.
  2. Bank Central Asia (BCA).
  3. Bank Bumi Putra (BBP).
  4. Bank Danamon.
  5. Bank Duta.
  6. Bank Nusa Internasional.
  7. Bank Niaga.
  8. Bank Universal.
  9. Bank Mega.

3. Bank Milik Koperasi

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

ekomoni.kompas.com

Bank milik koperasi adalah bank yang sahamnya dimiliki oleh suatu perusahaan yang berpusat pada hukum koperasi. Salah satu contoh dari bank milik koperasi yaitu Bank Umum Koperasi Indonesia.

4. Bank Milik Campuran

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

ekonomi.kompas.com

Bank milik campuran adalah bank yang sahamnya dimiliki oleh hasil campur tangan antara pihak asing dan pihak swasta nasional. Walaupun bekerja sama dengan pihak asing, namun saham dari bank ini sebagian besar dimiliki oleh warga negara Indonesia.

Berikut ini merupakan contoh dari bank milik campuran :

  1. Bank ANZ Indonesia.
  2. Bank Commonwealth.
  3. Bank Agris.
  4. Bank BNP Paribas Indonesia.
  5. Bank Capital Indonesia.
  6. Bank Chinatrust Indonesia.
  7. Bank DBS Indonesia.
  8. Bank Mizuho Indonesia.
  9. Bank Rabobank International Indonesia.
  10. Bank Resona Perdania.
  11. Bank Sumitomo Mitsui Indonesia.
  12. Bank Windu Kentjana International.

5. Bank Milik Asing

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

matamatanews.com

Bank milik asing adalah bank cabang dari suatu bank yang ada di luar negeri, bank ini biasanya dimiliki oleh bank swasta asing atau pemerintah asing.

Berikut ini merupakan contoh dari bank milik asing :

  1. Bank of America.
  2. Bangkok Bank.
  3. Bank of China.
  4. Citi Bank
  5. Deutsche Bank.
  6. HSBC
  7. JPMorgan Chase.
  8. Standard Chartered.
  9. The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ.

· Jenis-Jenis Bank Berdasarkan Statusnya

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

pexels.com

Berikut ini merupakan jenis-jenis bank berdasarkan statusnya :

1. Bank Devisa

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

beritamoneter.com

Bank devisa adalah bank yang dapat melaksanakan suatu transaksi ke luar negeri, atau juga yang berhubungan dengan mata uang asing secara keseluruhan. Semua persyaratan untuk menjadi bank devisa ini akan ditentukan oleh Bank Indonesia.

2. Bank Non-Devisa

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

teamlowongankerja.com

Bank non-devisa adalah bank yang belum sah atau belum mendapatkan izin untuk melakukan kegiatan transaksi seperti bank devisa. Bank non-devisa hanya dapat melakukan kegiatan transaksi dengan batas-batas wilayah negara yang sangat terbatas.

· Jenis-Jenis Bank Berdasarkan Kegiatan Operasionalnya

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

pexels.com

Berikut ini merupakan jenis-jenis bank berdasarkan kegiatan operasionalnya :

1. Bank Konvensional

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

idlowker.com

Bank Konvensional adalah bank yang melaksanakan suatu usaha dengan cara konvensional, yaitu  dalam sebuah kegiatan yang bisa memberikan jasa dengan pembayaran secara umum, pembayaran tersebut berdasarkan dengan prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan.Bank konvensional pada umumnya beroperasi dengan mengeluarkan produk-produk untuk menyerap dana masyarakat antara lain tabungan, simpanan deposito, dan simpanan giro.

Bank Konvensional juga menyalurkan dana yang telah terhimpun dengan cara mengeluarkan kredit, yaitu kredit investasi, kredit modal kerja, kredit konsumtif, dan kredit jangka pendek. Dapat melakukan pelayanan jasa keuangan, yaitu inkaso, kiriman uang, Letter of Credit, dan juga jasa-jasa lainnya seperti jual beli surat berharga, bank draft, wali amanat, penjamin emisi, dan perdagangan efek.

2. Bank Syariah

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

syariahmandiri.co.id

Bank syariah adalah bank yang cara kerjanya masih bersangkutan dengan unit usaha syariah, yang mencakup kelembagaan, kegiatan usaha,  dan juga cara atau proses yang diterapkan dalam melaksanakan suatu usahanya.

Bank syariah sangat berkaitan dengan dua konsep dalam hukum agama Islam, yaitu larangan penggunaan sistem bunga, karena sifat dari bunga bank adalah riba yang hukumnya adalah haram. Bank syariah mengganti bunga bank dengan sistem bagi hasil.

Berikut ini merupakan prinsip-prinsip yang berlaku pada bank syariah :

  1. Prinsip pembiayaan yang berdasarkan dengan prinsip bagi hasil (mudharabah).
  2. Prinsip pembiayaan yang berdasarkan dengan prinsip penyertaan modal (musharakah).
  3. Prinsip jual beli barang dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan (murabahah).
  4. Prinsip pembiayaan barang menggunakan modal yang berdasarkan dengan sewa murni tanpa pilihan (ijarah).
  5. Prinsip pemindahan dengan memilih kepemilikan dari suatu barang yang disewakan dari pihak bank ke pihak yang lain (ijarah wa iqtina).

· Jenis-Jenis Bank Berdasarkan Bentuk Badan Usahanya

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

pexels.com

Berikut ini merupakan jenis-jenis bank berdasarkan bentuk badan usahanya :

  1. Bank berbentuk Perseroan Terbatas.
  2. Bank berbentuk Firma.
  3. Bank berbentuk Koperasi.
  4. Bank berbentuk Perusahaan Perseorangan.

“Kalian wajib baca ini: Cara membuat mobile banking

· Jenis-Jenis Bank Berdasarkan Organisasinya

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

pexels.com

Berikut ini merupakan jenis-jenis bank berdasarkan organisasinya :

1. Unit Banking

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

thidiweb.com

Unit banking adalah bank yang hanya memiliki satu organisasi saja, dan tidak memiliki cabang-cabang di daerah yang lain.

2. Branch banking

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

katadata.co.id

Branch banking adalah bank yang memiliki cabang-cabang di daerah yang lain.

3. Correspondency Banking

gambar bank, logo bank, nama-nama bank di indonesia

dokterfinansial.com

Correspondency banking adalah bank yang dapat melakukan kegiatan untuk memeriksa suatu dokumen ekspor-impor dan kegiatan utamanya yaitu di luar negeri.

Nah teman-teman semua itulah informasi tentang jenis-jenis bank yang ada di Indonesia yang bisa saya sampaikan. Semoga setelah membaca artikel ini kalian bisa mengenal berbagai jenis bank yang ada di Indonesia. Sekian dan terima kasih!!!

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.