Macam-Macam Penyakit Ayam Beserta Cara Mengobatinya

Penyakit Ayam.” Bagi Anda yang memiliki hobi memelihara ayam atau beternak ayam, mungkin Anda tidak asing lagi dengan penyakit ayam yang sering di sebut flu burung. Penyakit yang menyerang ayam tidak hanya flu burung saja, namun ada banyak jenis-jenis penyakit yang sering menyerang ayam.

Perlu Anda ketahui bahwa binatang ternak seperti unggas sangat rentan terhadap penyakit, khususnya ayam. Ayam adalah salah satu dari jenis unggas yang mudah diserang oleh penyakit. Rata-rata penyakit yang diderita oleh ayam merupakan penyakit yang dapat menular.

Penyakit-penyakit yang terdapat pada ayam, tidak hanya menular pada jenis ayam itu saja, tetapi juga bisa menularkan penyakitnya ke jenis ayam lain bahkan juga manusia. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena disetiap penyakit itu pasti ada obatnya.

Langsung saja, berikut ini merupakan penyakit yang sering menyerang ayam dari yang tidak menular sampai yang bisa menular, beserta juga cara mengobatinya dengan menggunakan bahan-bahan yang 100% alami tidak menggunakan bahan kimia.

Penyakit Ayam yang Tidak Dapat Menular

penyakit ayam

gaberro.com

Bukan hanya manusia saja yang sering terkena penyakit yang tidak menular, tetapi ayam juga bisa terkena penyakit yang tidak menular. Penyakit yang tidak menular biasanya disebabkan bukan karena jamur, bakteri, ataupun virus, tetapi karena adanya sel-sel di tubuh ayam yang rusak atau bermasalah.

1. Lumpuh

penyakit ayam

gaberro.com

Penyakit lumpuh merupakan penyakit yang diderita oleh ayam, penyakit ini biasanya disebabkan karena ayam kurang di kepar atau terlalu lama di kurung di box. Kenapa saya bilang terlalu lama di box? itu karena ayam yang terlalu lama di kurung di box kurang banyak bergerak, sehingga dapat menimbulkan kelumpuhan pada ayam.

Gejala awal dari kelumpuhan pada ayam biasanya ditandai dengan kesulitan saat berjalan, terlalu banyak duduk, susah mengangkat tubuhnya ketika ingin berjalan, kaki ayam terasa dingin, kaki ayam terasa kaku saat di pegang, dan tubuh ayam menjadi kurus.

Pengobatan Ayam Lumpuh

Cara mengobatinya sangat mudah dan terbilang ampuh, yaitu dengan menggunakan daun serai. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menumbuk daun serai sampai berserat dan mengeluarkan air, setelah itu tempelkan daun serai tadi ke kaki ayam yang lumpuh dan balut menggunakan kain kasa, selanjutnya lakukanlah pengobatan seperti itu selama 1 kali sehari, dimulai dari sore sampai pagi hari, lakukanlah secara terus-menerus sampai kaki ayam pulih.

2. Turun Urat

penyakit ayam

gaberro.com

Turun urat adalah penyakit  yang menyerang kaki ayam, penyakit ini biasanya disebabkan oleh benturan keras atau tekanan yang mengenai dan bertitik tumpu pada kaki ayam. Gejala turun urat pada umumnya yaitu terdapat pembengkakan yang cukup besar pada kaki ayam.

Pengobatan Ayam Turun Urat

Cara mengobatinya yaitu hampir sama dengan mengobati lumpuh, hanya saja jika ayam turun urat sebelum kakinya diberi daun serai, kaki ayam dimasukkan kedalam wadah yang berisi air hangat terlebih dahulu sekitar 5 menit, setelah itu barulah kaki ayam diberi tumbukkan daun serai dan dibalut dengan kain kasa.

3. Tedun

penyakit ayam

gaberro.com

Tedun adalah penyakit yang menyerang kaki ayam, penyakit ini biasanya disebabkan oleh kurangnya pergerakan pada kaki ayam atau kejang otot. Gejala yang ditimbulkan yaitu kaki ayam menjadi keram dan susah untuk digerakan secara leluasa.

Pengobatan Ayam Tedun

Cara mengobatinya yaitu dengan merendam kaki ayam di baskom yang telah terisi oleh air hangat, setelah direndam di air hangat sekitar 5 menit, angkat kaki ayam dari rendaman tersebut dan beri minyak tawon, GPU, atau gandapura lalu pijat-pijat kaki ayam yang keram tersebut, lakukan bertahap setiap pagi, 1 kali sehari.

4. Susah BAB

penyakit ayam

gaberro.com

Susah BAB adalah penyakit yang menyerang dibagian organ pencernaan ayam. Penyakit ini disebabkan oleh kurang minum dan makanan yang kurang berserat. Gejala yang ditimbulkan yaitu ayam sangat susah untuk BAB dan tubuhnya terasa lemas.

Pengobatan Ayam Susah BAB

Cara mengobatinya yaitu dengan menggunakan minyak makan dan jeruk nipis. Langkah pertama yaitu campurkan minyak makan dan air jeruk nipis sebanyak 3 sendok makan, lalu aduk hingga merata, setelah itu berilahy ramuan tersebut kepada ayam yang susah BAB, lakukan di pagi dan sore hari, usahakan telih ayam dalam kondisi kosong.

5. Bubulan

penyakit ayam

gaberro.com

Bubulan adalah penyakit yang menyerang bagian bawah telapak kaki ayam. Penyakit ini disebabkan oleh adanya bakteri jahat yang menyerang luka ditelapak kaki ayam sehingga menimbulkan infeksi. Gejala yang ditimbulkan yaitu terjadi pembengkakan pada luka ayam dan ayam akan akan pincang saat berjalan.

Pengobatan Ayam Bubulan

Cara mengobatinya yaitu dengan menggunakan kapur sirih dan air perasan kunyit. Langkah pertama yaitu sikat luka pada kaki ayam sampai bersih, lalu campurkan 1 sendok air kunyit dengan sedikit kapur sirih dan aduk hingga merata, setelah itu oleskan ramuan tadi pada telapak kaki ayam yang terkena bubul hingga merata.

“Artikel terkait: Ayam Bangkok

6. Siwer

penyakit ayam

ayambangkok.web.id

Siwer adalah penyakit yang menyerang bagian mata ayam. Penyakit ini disebabkan oleh adanya benturan keras yang mengenai bagian selaput mata ayam, gejala yang ditimbulkan yaitu adanya selaput yang berwarna putih atau hitam di bagian selaput mata ayam sehingga penglihatan ayam menjadi rabun dan sangat terganggu layaknya buta.

Pengobatan Ayam Siwer

Cara mengobatinya yaitu dengan menggunakan air sirih atau air kunyit. Langakah pertama yaitu teteskan air kunyit atau sirih kemata ayam yang siwer, usahakan mata ayam yang siwer belum sampai 1 hari atau langsung diobati begitu matanya kena. Pemberianya dilakukan 2 hari sekali selama 1 minggu full.

7. Tidak Nafsu Makan

penyakit ayam

tajenbali.com

Tidak nafsu makan adalah penyakit yang menyerang stamina dan daya nafsu makan ayam. Penyakit ini disebabkan oleh lemahnya stamina ayam dan hasrat ayam untuk makan. Gejala yang ditimbulkan yaitu ayam kurang memiliki nafsu makan yang menyebabkan ayam hanya makan sedikit saja atau pilih-pilih makanan.

Pengobatan Ayam Tidak Nafsu Makan

Cara mengobatinya yaitu dengan dengan menggunakan air perasan kunyit. Langkah pertama yaitu ambilah sedikit makanan ayam, usahakan jangan terlalu banyak, lalu berilah makanan tersebut dengan air perasan kunyit hingga menguning. Setelah itu berilah makanan tersebut kepada ayam yang tidak nafsu makan.

8. Tidak Turun Telih

penyakit ayam

birkokmania.com

Tidak turun telih adalah penyakit yang menyerang bagian telih atau tembolokan ayam. Penyakit ini disebabkan oleh makanan ayam yang susah dicerna oleh ayam sehingga makanan tersebut mengumpul di bagian telih ayam. Gejala yang ditimbulkan yaitu isi di dalam telih ayam selalu penuh, keras, dan tidak kempes-kempes.

Pengobatan Ayam Tidak Turun Telih

Cara mengobatinya yaitu dengan menggunakan minyak makan dan jeruk nipis. Langkah pertama campurkan 2 sendok minyak makan dengan 1 buah air jeruk nipis. Lalu berikan ramuan tersebuk kepada ayam yang tidak turun telih. Usahakan diberikan selama 2 kali sehari sampai ayam benar-benar sembuh.

9. Kuning

penyakit ayam

caraayam.com

Kuning adalah penyakit yang menyerang bagian hati ayam. Penyakit ini disebabkan oleh tidak kuatnya organ-organ yang bekerja pada tubuh ayam ketika menerima beban bekerja yang melebihi batasnya. Gejala yang ditimbulkan yaitu kulit ayam akan berwarna kuning pucat, badan menjadi kurus, dan tidak nafsu makan.

Pengobatan Ayam Kuning

Cara mengobatinya yaitu dengan menggunakan daging bekicot. Langkah pertama yaitu dengan memanggang daging bekicot menggunakan arang setengah matang, lalu berikan daging bekicot setengah matang tadi kepada ayam yang terkena kuning, berikan selama 1 hari 2 kali  sampai ayam benar-benar sembuh.

10. Cacingan

penyakit ayam

kebumenhow.com

Cacingan adalah penyakit yang menyerang organ pencernaan ayam. Penyakit ini disebabkan oleh adanya parasit yang bersarang di organ-organ pencernaan ayam. Gejala yang ditimbulkan yaitu ayam menjadi rakus makan namun badannya menjadi kurus dan biasanya pada mata dan kotoran ayam ada cacingnya.

Pengobatan Ayam Cacingan

Cara mengobatinya yaitu dengan menggunakan pinang muda. Langkah pertama yaitu rebus pinang muda terlebih dahulu hingga mendidih, lalu berikan setengah potong buah kepada ayam yang terkena cacingan. Aturan pakainya yaitu seminggu sekali, karena dosisnya cukup besar.

11. Ndugal

penyakit ayam

gaberro.com

Ndugal adalah penyakit yang menyerang bagian luka yang ada pada kepala ayam. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada luka di kepala ayam sehingga menimbulkan gumpalan nanah yang membeku. Gejala yang ditimbulkan yaitu adanya benjolan keras pada koreng yang ada di kepala ayam.

Pengobatan Ayam Ndugal

Cara mengobatinya yaitu dengan daging bekicot. Langkah pertama yaitu dengan memanggang daging bekicot menggunakan arang setengah matang, lalu berikan daging bekicot tadi kepada ayam yang terkena ndugal, berikan selama 1 hari 2 kali  sampai ayam benar-benar sembuh, usahakan ndugal sambil dipencet secara lembut.

” Artikel Terkait: Ayam Kate

12. Goham

penyakit ayam

suka7udi.com

Goham adalah penyakit yang menyerang bagian rongga mulut ayam, yang disebabkan oleh adanya infeksi pada luka di bagian rongga mulut ayam sehingga menjadi goham. Gejala yang ditimbulkan yaitu mulut ayam akan membengkak dan saat makan ayam akan merasa kesakitan dan tidak nyaman.

Pengobatan Ayam Goham

Cara mengobatinya yaitu dengan menggunakan daging bekicot. Langkah pertama yaitu dengan memanggang daging bekicot menggunakan arang setengah matang, lalu berikan daging bekicot tadi kepada ayam yang terkena goham, berikan selama 1 hari 2 kali, usahakan goham dicongkel dahulu sampai bersih.

13. Berak Darah

penyakit ayam

picswe.com

Berak darah adalah penyakit yang menyerang bagian pencernaan ayam. Penyekit ini disebabkan oleh 2 faktor yaitu luka dalam dan virus. Gejala yang di timbulkan ayam akan lemas dan malas untuk bergerak, kotoran yang dikeluarkan oleh ayam tersebut bercampur dengan darah.

Pengobatan Ayam Berak Darah

Cara mengobatinya yaitu dengan menggunakan daun bayam muda. Langkah pertama yaitu kosongkan terlebih dahulu telih ayam dan jangan diberi makan apa-apa, lalu berikan ayam tersebut daun bayam muda sampai kenyang, lakukan kegiatan tersebut pada waktu ayam makan.

Penyakit Ayam yang Dapat Menular

penyakit ayam

tokocendolism.com

Ayam juga bisa terkena penyakit yang  menular. Ayam merupakan jenis unggas yang rentan terkena penyakit menular, biasanya disebabkan bukan karena jamur, bakteri, dan juga virus, dampaknya dari yang tidak berbahaya sampai yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia.

1. Flu

penyakit ayam

clipsg.com

Flu adalah penyakit yang menyerang bagian pernapasan ayam, yang disebabkan oleh virus yang menggerogoti bagian pernapasan ayam, saat sistem kekebalan tubuh pada ayam melemah. Gejala yang ditimbulkan yaitu ayam akan lemas, bersin, dan ingusan secara terus-menerus.

Pengobatan Ayam Flu

Cara mengobatinya yaitu dengan menggunakan tomat. Langkah pertama yaitu sebelum ayam diberi makan pagi dan sore, ayam diberi 1 buah tomat terlebih dahulu. Setelah itu barulah 1 jam kemudian ayam diberi makan seperti biasanya, usahakan jangan sampai terlalu kenyang. Lakukan kegiatan ini sampai ayam sembuh.

2. Cacar

penyakit ayam

gaberro.com

Cacar adalah penyakit yang menyerang bagian wajah ayam, yang disebabkan oleh virus yang menggerogoti bagian wajah ayam. Gejala yang ditimbulkan yaitu di bagian wajah ayam terdapat bentolan-bentolan yang sangat banyak, bahkan bentolan tersebut dapat menyerang bagian mata ayam.

Pengobatan Ayam Cacar

Cara mengobatinya yaitu dengan menggunakan kapur sirih dan kunyit. Langkah pertama yaitu sikat wajah ayam sampai bersih, lalu campurkan 1 sendok air kunyit dengan sedikit kapur sirih dan aduk hingga merata, setelah itu oleskan ramuan tadi pada wajah ayam yang terkena cacar, lakukan selama 2 hari sekali.

3. Snot

penyakit ayam

kebumenhow.com

Snot merupakan penyakit yang menyerang bagian mata ayam, yang disebabkan oleh adanya virus yang menggerogoti bagian mata ayam. Gejala yang ditimbulkan adalah terjadi pembengkakan pada area mata ayam, yang menyebabkan mata ayam menjadi lebam dan susah untuk di buka.

Pengobatan Ayam Snot

Cara mengobatinya dengan menggunakan air perasan sirih. Langkah pertama yaitu peras daun sirih hingga mengeluarkan airnya, lalu teteskan air tersebut ke bagian dalam mata ayam sebanyak 2 tetes. Lakukan kegiatan ini selam 2 hari sekali.

4. Tetelo

penyakit ayam

gaberro.com

Tetelo merupakan penyakit yang menyerang seluruh bagian organ tubuh ayam, yang disebabkan oleh adanya virus yang menggerogoti seluruh bagian organ tubuh ayam. Gejala yang ditimbulkan adalah ayam akan demam, flu, ngorok, berak kapur/darah, tidak turun telih, lumpuh, dan wajahnya akan menjadi berwarna ungu.

Pengobatan Ayam Tetelo

Cara mengobatinya yaitu dengan menggunakan kunyit, bawang, dan minyak tanah. Langkah pertama yaitu campur ketiga bahan tersebut dengan beras dan tumbuk sampai halus, lalu berikan kepada ayam yang terkena tetelo, usahakan jangan sampai kenyang dan ayam dalam keadaan lapar.

5. Malaria

penyakit ayam

gaberro.com

Malaria adalah penyakit yang menyerang anti body ayam, yang disebabkan oleh nyamuk yang menularkan virus ke tubuh ayam. Gejala yang ditimbulkan yaitu ayam akan merasa demam tinggi, nafsu makan berkurang, dan ingin minum secara terus-menerus.

Pengobatan Ayam Malaria

Cara mengobatinya yaitu dengan menggunakan kunyit, sirih, dan bawang putih. Langkah pertama yaitu campurkan semua bahan tersebut kedalam wadah lalu tumbuk hingga halus, setelah itu berilah ramuan tersebut ke ayam yang terkena malaria. Lakukanlah sebanyak  2 kali sehari sampai ayam benar-benar sembuh.

6. Ngorok

penyakit ayam

hobiternak.com

Ngorok merupakan penyakit yang menyerang bagian kerongkongan ayam, yang disebabkan oleh virus yang menggumpal di kerongkongan ayam. Gejala yang ditimbulkan adalah ayam akak kurang bergairah dan timbul suara ngorok pada ayam yang tidak berhenti-henti.

Pengobatan Ayam Ngorok

Cara mengobatinya yaitu dengan menggunakan minyak makan, daun sirih, dan bawang putih. Langkah pertama yaitu rebus semua bahan lalu dicampur dengan sedikit air putih hingga mendidih, setelah itu berikan ramuan tersebut kepada ayam yang ngorok, lakukan selama 2 kali sehari sebelum makan.

7. Berak Kapur

penyakit ayam

fredikurniawan.com

Berak kapur merupakan penyakit yang menyerang organ pencernaan ayam, yang disebabkan oleh adanya virus yang bersarang di organ pencernaan ayam. Gejala yang ditimbulkan adalah ayam lemas, kurang nafsu makan, dan kotoran yang dikeluarkan berupa cairan seperti kapur.

Pengobatan Ayam Berak Kapur

Cara mengobatinya yaitu dengan menggunakan kunyit dan kencur. Langkah pertama yaitu siapkan 1 ruas kunyit dan kencur masing-masing 2 butir, lalu tumbuk sampai airnya keluar, setelah itu berikan tumbukan kunyit dan kencur kepada ayam tersebut. Lakukan kegiatan ini selama 1 hari sekali sampai ayam sembuh.

8. Kurap

fredikurniawan.com

mastertaji.com

Kurap merupakan penyakit yang menyerang wajah sampai seluruh tubuh ayam, yang disebabkan oleh adanya jamur dan bakteri yang berkembang di wajah ayam. Gejala yang ditimbulkan adalah bagian wajah ayam akan berwarna putih dan berjamur hingga ke seluruh tubuh ayam.

Pengobatan Ayam Kurap

Cara mengobatinya yaitu dengan menggunakan sabun dan bekicot. Langkah pertama yaitu bersihkan wajah ayam dengan menggunakan sabun hingga kurap menghilang, lalu oleskan lendir bekicot ke wajah ayam tersebut sampai merata. Lakukanlah kegiatan ini seminggu 2 kali sampai kurap ayam benar-benar hilang.

Nah teman-teman semua itulah tadi macam-macam penyakit yang ada pada ayam dari yang tidak menular sampai yang menular. Semoga bermanfaat, jangan lupa di coba ya sob! sekian dan terima kasih…!

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.